Mengapa Terjadi Pelanggaran Hukum?

Mengapa Terjadi Pelanggaran Hukum?

Diposting pada

Bhataramedia.com – Setiap negara pastinya memiliki hukum yang berfungsi untuk mengatur negara maupun rakyatnya. Begitu pula dengan negara Indonesia ini, yang bahkan memiliki sebutan sebagai negara hukum. Namun, meskipun menjadi negara hukum nyatanya masih saja ada orang yang melakukan pelanggaran hukum. Lalu, apa sebenarnya yang menjadi penyebab dari pelanggaran hukum tersebut? Mengapa bisa terjadi perlanggaran hukum? Berikut ulasannya.

Mengenai Hukum

Hukum memiliki pengertian sebagai sistem aturan atau norma dalam mengatur perilaku dari rakyat pada sebuah negara baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Selain untuk mengatur perilaku manusia, hukum juga berfungsi untuk mencegah kekacauan dan perselisihan serta mewujudkan keadilan dan ketertiban.

Bahkan menurut Prof.DR.Van.Kan yang merupakan salah satu ahli hukum juga mengatakan bahwa hukum adalah sebuah peraturan sistematis serta teratur dan mengikat baik untuk masyarakat maupun pemerintah. Karena memang hukum tidak hanya berfungsi untuk mengatur melainkan juga melindungi hak dan kewajiban warga negara.

Pengertian Pelanggaran Hukum

Tentunya kira pernah atau sering membaca sebuah kasus perampukan, pembunuhan, penculikan dan sebagainya. Itu termasuk pelanggaran hukum yang tentunya akan mendapatkan sanksi ataupun hukuman tegas dan nyata. Bahkan dalam pasal 10 KUHP pun sudah tercantum mengenai 2 hukuman untuk para pelanggar yakni hukuman pokok dan hukuman tambahan.

Pengertian pelanggaran hukum sendiri adalah tindakan dari seseorang maupun sekelompok orang yang melakukan pelanggaran akan aturan dan hukum yang berlaku, sehingga dapat kita sebut juga sebagai sebuah bentuk pembangkangan akan hukum.

Faktor Penyebab Terjadinya Pelanggaran Hukum

Pelanggaran hukum terjadi juga karena adanya faktor yang menjadi penyebabnya, yakni:

Faktor Internal

  • Seseorang yang memiliki sifat egois.
  • Memiliki sifat toleransi yang sangat minim.
  • Berada pada situasi dan kondisi psikologi yang tertekan.
  • Kurangnya pengetahuan dan kesadaran akan hukum.

Faktor Eksternal

  • Adanya kesalahan dalam penggunaan teknologi yang akhirnya menimbulkan kejahatan.
  • Anggota atau perangkat hukum yang tidak memiliki ketegasan serta kejelasan dalam menangani para pelanggar.
  • Kesenjangan ekonomi atau kemiskinan yang terjadi juga mampu menjadi penyebab pelanggaran hukum.

Contoh Pelanggaran Hukum di Indonesia

  • Korupsi, selain mencakup bidang politik dan pemerintahan, pelanggaran ini juga dapat terjadi dalam berbagai bidang lainnya. Penyebab dari pelanggaran hukum ini bisa berasal dari faktor internal maupun eksternal.
  • Pembunuhan, pelanggaran hukum yang satu ini juga sangat marak dan sering terjadi. Dan untuk penyebabnya pun bisa berasal dari faktor internal dan eksternal.
  • Pencurian, sama seperti kasus pembunuhan, pencurian juga sedang marak – maraknya terjadi saat ini.
  • Pelecehan Seksual, kasus ini memiliki tingkat keseriusan yang cukup tinggi karena sejak dulu hingga saat ini pelanggaran hukum pada kasus ini masih sering terjadi.

Itulah sedikit ulasan mengenai alasan dan penyebab terjadinya pelanggaran hukum. Semoga dengan ini kita menjadi lebih memahami dan mengerti akan hukum yang berlaku sehingga tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Referensi:

  • mengapa terjadi pelanggaran hukum