Ruang Lingkup Kewirausahaan

Ruang Lingkup Kewirausahaan

Bhataramedia.com – Jika kamu sedang berencana untuk memulai bisnis sendiri dan menjadi wirausaha, maka kamu perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan. Pengetahuan yang dimaksud disini adalah mengetahui ruang lingkup yang menjadi dasar dalam kewirausahaan. Lalu, apa saja yang termasuk ke dalam ruang lingkup kewirausahaan? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu Kewirausahaan?

Kewirausahaan pertama kali diperkenalkan oleh ekonom Prancis, Richard Cantillon pada abad ke 18. Dan secara etimologis wirausaha atau wiraswasta berasalh dari bahasa Sansekerta yakni “wira” yang berarti manusia unggul,tangguh, berbudi luhur, berani, “swa” yang berarti sendiri dan “sta” yang berarti berdiri.

Secara umum, kewirausahaan adalah proses untuk menerapkan inovasi dan kreativitas dalam memecahkan masalah serta mencari peluang dalam kehidupan sehari – hari. Namun menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kewirausahaan berasal dari kata “wira” yang berarti pejuang dan “usaha” yang berarti bekerja, berbuat sesuatu dan berbuat amal.

Ruang Lingkup Kewirausahaan

Ruang lingkup kewirausahaan sangat luas dan bergerak dalam bisnis dan dapat diuraikan seperti berikut ini:

Lapangan Agraris

Mencakup kegiatan kewirausahaan pada sektor pertanian, kehutanan dan perkebunan.

Lapangan Perikanan

Mencakup kegiatan kewirausaahn pada sektor perikanan seperti usaha pemeliharaan dan penetasan ikan hingga pengakutan ikan.

Lapangan Peternakan

Mencakup kegiatan kewirausahaan pada sektor peternakan seperti pengembangbiakkan burung, unggas hingga binatang menyusui seperti sapi dan kambing.

Lapangan Perindustrian dan Kerajinan

Ruang lingkup satu ini terbagi menjadi empat kategori yakni industri besar, industri menengah, industri kecil dan pengrajin.

Lapangan Pertambangan dan Energi

Mencakup kegiatan kewirausahaan pada sektor pertambangan dan energi seperti pengusahan tambang batu bara, minyak bumi dan lainnya.

Lapangan Perdagangan

Ruang lingkup ini juga terbagi menjadi tiga kategori yakni pedagang besar, pedagang menengah dan pedagang kecil.

Lapangan Pemberi Jasa

Ada beberapa kategori dalam ruang lingkup ini yakni pedagang perantara, pengusaha angkutan, koperasi, pemberi kredit atau perbankan, pengusaha hotel dan restoran, pengusaha biro jasa travel, pengusahan asuransi dan lainnya.

Demikian penjelasan mengenai ruang lingkup kewirausahaan yang sekiranya dapat menjadi tambahan informasi untuk kita semua. Dan untuk kamu yang memiliki rencana atau sedang menjalankan sebuah bisnis, semoga semakin memahami dan mengembangkan pengetahuan akan kewirausahaan.

You May Also Like