Sebutkan dan Jelaskan 8 Langkah Dalam Proses Pengambilan Keputusan

Sebutkan dan Jelaskan 8 Langkah Dalam Proses Pengambilan Keputusan

Diposting pada

Bhataramedia.comSebutkan dan Jelaskan 8 Langkah Dalam Proses Pengambilan Keputusan. Sudah seharusnya kita harus memikirkan dan menyusun langkah – langkah dalam mengambil sebuah keputusan, yang hasilnya nanti bisa lebih akurat dan tentunya tidak menimbulkan masalah baru. Untuk itu, kita juga harus tahu terlebih dahulu langkah – langkah dalam proses pengambilan keputusan yang berguna untuk memecahkan suatu masalah. Namun sebelumnya, kita juga harus tahu terlebih dahulu apa itu pengambilan keputusan. Dan berikut ulasan lengkapnya.

Apa Yang Dimaksud dengan Pengambilan Keputusan?

Pengambilan keputusan merupakan suatu tindakan untuk melakukan penilaian dan kemudian menjatuhkan pilihan. Menurut Claude S George JR, pengambilan keputusan adalah proses yang dilakukan oleh kebanyakan manajer yang berupa suatu kesadaran kegiatan pemikiran, pertimbangan, penilaian dan pemilihan diantara sejumlah alternatif.

Langkah – Langkah Pengambilan Keputusan

Bahkan menurut Newman pada tahun 1988, dalam pengambilan keputusan terdapat 8 langkah yakni:

  1. Pengenalan atau identifikasi masalah, masalah yang timbul biasanya terjadi karena adanya perbedaan keinginan dengan keadaan yang sedang terjadi. Jadi, sebelum mengambil keputusan kita harus mengetahui dan menyadari terlebih dulu perbedaan antara keinginan dengan keadaan dengan berbekal pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
  2. Mendefinisi tujuan, adapun beberapa tujuannya adalah:
  • Mengeksplorasi upaya untuk menemukan suatu fenomena yang ada.
  • Mendeskripsikan fenomena secara terperinci dan membedakannya dengan fenomena lain.
  • Memprediksi dan mengidentifikasikan keterkaitan untuk menghitung suatu hal dengan berdasarkan hal lain.
  • Mengkaji hubungan sebab akibat dari dua fenomena atau lebih.
  • Membuat aksi atau perbuatan untuk meneruskan tujuan dalam menemukan solusi.
  1. Kumpulkan data yang diperlukan, ini bertujuan untuk mendapatkan cara alternatif atas keputusan yang diinginkan.
  2. Mengidentifikasikan cara alternatif, bertujuan untuk mengetahui apakah layak atau tidaknya alternatif yang ada.
  3. Memilih kriteria alternatif, bertujuan untuk mengidentifikasikan kriteria dari alternatif untuk menemukan alternatif yang tepat.
  4. Menentukan hubungan diantara tujuan, alternatif dan data, bertujuan untuk merumuskan hubungan dari tujuan alternatif lainnya.
  5. Prediksi hasil setiap alternatif, ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari setiap alternatif.
  6. Memillih alternatif terbaik, ini merupakan langkah terakhir untuk menentukan alternatif yang sesuai dengan tujuan dan siap untuk diterapkan.

Itulah sedikit mengenai langkah – langkah dalam pengambilan keputusan. Semoga bermanfaat dan kamu bisa mengambil keputusan yang tepat sesuai dengan langkah – langkah yang sudah dijelaskan diatas.