Sebutkan Macam – Macam Tulang Rusuk

Sebutkan Macam - Macam Tulang Rusuk

Bhataramedia.com – Selain darah, organ dan otot, tulang juga memiliki peranan penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Baik bagi manusia maupun hewan, tulang berfungsi untuk melindungi dan membentuk tubuh. Seperti tulang tengkorang, tulang badan dan tulang anggota gerak yang ada pada manusia. Dan kali ini, kita akan membahas salah satu tulang yang merupakanbagian dari tulang badan dan memiliki fungsi menunjang keseimbangan tubuh, yakni macam – macam dari tulang rusuk.

Apa itu Tulang Rusuk?

Tulang rusuk memiliki bahasa Latin “Costae” yang berarti tulang panjang yang melengkung serta membentuk rongga rusuk. Pada manusia, tulang rusuk berjumlah 12 pasang dengan bentuknya yang pipih serta berfungsi untuk menyimpan mineral yang penting, menghasilkan sel darah dan membantu melepaskan hormon untuk kebutuhan tubuh manusia.

Tulang rusuk disebut juga dengan tulang iga yang melindungi dada atau thorax, paru – paru, jantung, hati dan organ dalam lainnya. Tulang ini juga seperti sangkar yang ada sekitar dada, kamu bisa merasakannya dengan meraba sepanjang sisi dan depan tubuh atau beberapa inci bawah jantung kamu. Bahkan saat kamu menarik napas dalam – dalam, kamu akan lebih mudah merasakan tulang ini berada tepat depan tubuh kita.

Struktur dari Tulang Rusuk

Tulang rusuk hanya ada pada dada dengan jumlah 24 buah atau 12 pasang yang masing – masing ada pad sisi kiri dan kanan. Namun ada beberapa orang yang lahir dengan satu atau lebih pada jumlah rusuknya dan ada pula yang kekurangan satu pasangan.

Macam – Macam Tulang Rusuk

Tulang rusuk dibedakan menjadi tiga macam, yakni:

Tulang Rusuk Palsu atau Vertebro Kondral,

Ini berjumlah tiga pasang dan memiliki ukuran yang lebih pendek dari tulang rusuk sejati. Bagian belakangnya berhubungan dengan ruas – ruas tulang belakang dan ujung ketiga tulang bagian depan menyatu dengan tulang rawan dan melekat pada satu titik pada tulang dada.

Tulang Rusuk Sejati atau Vertebro Sternalis

Tulang rusuk ini berjumlah tujuh pasang yang bagian belakangnya berhubungan dengan ruas – ruas tulang belakang dan ujung depannya berhubungan dengan tulang dada yang juga disatukan oleh tulang rawan.

Rusuk Melayang atau Vertebral

Tulang rusuk ini berjumlah dua pasang yang bagian belakangnya juga berhubungan dengan ruas – ruas tulang belakang.

Demikian sedikit ulasan mengenai macam – macam tulang rusuk. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita dan bermanfaat.

You May Also Like