Mengapa Menstruasi Tidak Akan Terjadi Jika Ovum Dibuahi?

Mengapa Menstruasi Tidak Akan Terjadi Jika Ovum Dibuahi?

Bhataramedia.comMengapa Menstruasi Tidak Akan Terjadi Jika Ovum Dibuahi?. Datang bulan atau menstruasi adalah hal yang wajar dan wajib semua wanita jalani. Umumnya, wanita akan mengalami menstruasi pada usia remaja dan sebelumnya para wanita akan merasakan gejalanya yang bernama Pre-Menstruation Syndrome atau PMS. Namun, tidak akan terjadi jika ovumnya sudah dibuahi. Mengapa demikian? Berikut penjelasannya.

Beberapa Fase Menstruasi

Menstruasi merupakan pendarahan uterus yang terjadi secara periodik dan mengikuti dengan pelepasan endometrium. Menstruasi dapat terjadi jika ovum atau sel telur belum atau tidak sedang dibuahi dan peristiwa pelepasan ovum yang berupa oosit sekunder dari ovarium ini disebut dengan ovulasi. Yang mana ovulasi ini terjadi pada pertengahan siklus menstruasi.

Ovulasi pun sangat berkaitan dengan interaksi hipotalamus dan ovarium yang menghasilkan empat fase pada masa menstruasi, yakni:

Fase Menstruasi

Yang terjadi apabila ovum tidak dibuahi dan korpus luteum akan menghentikan produksi hormon estrogen dan hormon progesterone. Dengan turunnya kadar hormon estrogen dan hormon progesterone inilah yang menjadi penyebab lepasnya ovum dari dinding uterus dan sobeknya endometrium yang menyebabkan pendarahan yang disebut dengan menstruasi.

Fase Pra Ovulasi

Fase ini disebut juga akhir siklus menstruasi. Dalam fase ini, hipotalamus akan mengeluarkan hormon gonadotropin dan mengeluarkan FSH atau Follicle Stimulating Hormone. Kemudian terjadilah pembentukan folikel primer yang nantinya akan tumbuh hingga 14 hari sampai folikel tersebut matang atau disebut juga folikel de Graff.

Fase Ovulasi

Fase ini terjadi karena pada fase pra – ovulasi, konsentrasi FPH menurun sehingga menyebabkan hipofisis melepaskan LH atau Luiteinizing Hormone. Dan umumnya fase ovulasi ini terjadi pada hari ke 14.

Fase Pasca Ovulasi

Pada fase ini oosit sekunder akan meningkkalkan folikel de Graff, namun tetao memproduksi hormone estrogen dan progesterone yang nantinya akan menebalkan endromentrium. Hormone progesterone juga merangsang sekresi lender yang ada pada vagina serta meningkatkan pertumbuhan kelenjar susu pada payudara. Ini pula yang akhirnya menyiapkan implantasi zigot saat terjadi kehamilan, dan akhirnya wanita yang sudah pada tahap ini tidak akan mengalami menstruasi.

Penyebab Menstruasi Tidak Terjadi Jika Ovum Dibuahi

Dengan beberapa penjelasan fase tersebut, dapat kita simpulkan jika menstruasi tidak akan terjadi jika ovum telah dibuahi sperma karena sedang terjadi pembuahan. Pembuahan tersebut akan menghasilkan zigot yang kemudian berkembang menjadi embrio dan janin. Sehingga wanita tersbut tidak akan mengalami menstruasi.

You May Also Like