10 penentu kualitas jasa

10 penentu kualitas jasa

Diposting pada

Bhataramedia.com – Jasa adalah istilah familiar yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari, baik secara umum maupun khusus. Kata jasa juga kerap digunakan dalam berbagai bidang. Berikut ini adalah 10 penentu kualitas jasa yang harus anda ketahui.

Segala sesuatu yang memiliki nilai jual dalam bentuk pelayanan dalam arti selain benda atau barang yang bersifat nyata dan jelas terlihat disebut jasa.

Dalam ilmu ekonomi, jasa disebut juga dengan layanan, yaitu komoditas (transaksi) tidak berwujud yang ditransfer dari penjual ke pembeli, tapi tidak memperoleh kepemilikan eksklusif atas barang yang dibeli.

Layanan atau jasa dalam ilmu ekonomi merupakan suatu aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau barang-barang milik, namun tidak menghasilkan tranfer kepemilikan. Jasa dapat juga diartikan sebagai sesuatu yang diproduksi dan dikonsumsi secara simultan. Jadi, jasa tidak pernah ada dan hasilnya dapat dilihat setelah terjadi.

Definisi Jasa

Jasa adalah hasil kegiatan produksi yang tidak berwujud dan sifat-sifat fisik tertentu, tidak dapat dilihat, tidak dapat diraba, tetapi dapat dirasakan. Pada produksi jasa tidak terdapat tenggang waktu antara saat diproduksi dan dikonsumsinya.

10 penentu kualitas jasa

  1. Reliability (keandalan)
  2. Responsiveness (ketanggapan)
  3. Competence (kemampuan)
  4. Acces (mudah diperoleh)
  5. Courtesy (keramahan)
  6. Comunication (komunikasi)
  7. Credibility (dapat dipercaya)
  8. Security (keamanan)
  9. Understanding (knowing the costumer) (memahami pelanggan)
  10. Tangibles (bukti nyata yang kasat mata)

Referensi:

  • penentu mutu jasa
  • 10 faktor penentu kualitas jasa