Mengapa Perlindungan dan Penegakan Hukum Harus dilakukan Dalam Sebuah Negara Demokrasi

Perlindungan dan Penegakan Hukum

Bhataramedia.com – Mengapa Perlindungan dan Penegakan Hukum Harus dilakukan Dalam Sebuah Negara Demokrasi. Taukah kah begitu pentingnya  perlindungan dan penegakan hokum mutlak harus tetap kita lakukan dalam sebuah Negara demokrasi.

Tentunya kita sudah tau jawaban atas pertanyaan ini. Jika kita lihat dalam sebuah Negara demokrasi. Yang mana semua orang memiliki hak yang sama. Untuk itu kita memerlukan penegakan hukum yang mutlak. Agar semua hak masyarakat dapat terpenuhi  sehingga mereka dapat melakukan kewajiban mereka seperti seharusnya.

Intinya alasalan dari mengapa kita harus menjaga perlindungan dan penegakan hukum adalah agar hak dan kewajiban masyarakat tetap terlindungi dengan baik sesuai dengan nilai yang terdapat dalam demokrasi kita. Dengan demikian keadilan akan segera tercapai.

"<yoastmark

Mengapa hal ini begitu penting untuk tetap berjalan dan tetap terjaga oleh Negara kita? Karena tidak semua masyarakat akan mendapatkan perlindungan dan penegakan hokum yang sama.

Seperti yang kita saksikan sekarang banyak pelanggaran yang terjadi pada peraturan yang sudah ada pada Negara kita. Akan tetapi masih banyak pelaku yang lolos, ataupun mendapatkan hukuman yang tidak sesuai dengan kesalahannya.

Mengapa Perlindungan dan Penegakan Hukum Harus dilakukan Dalam Sebuah Negara Demokrasi

Terlebih lagi bagi masyarakat kalangan bawah. Tentunya, jika melakukan kesalahan mereka tidak akan mampu dalam menyewa pengacara atau melindungi dirinya sendiri.

Indonesia adalah sebuah Negara yang berdiri dengan hukumnya. Seharusnya dapat mengatasi hal ini. Selain itu, untuk selalu menjaga perlindugan dan penegakan hokum unutk orang terintimidasi juga sangat penting. Karena  masih banyak orang tidak punya masih terintimidasi dan akhirnya harus berhadapan dengan hokum yang berat sebelah.

Dan apa efeknya jika kita selalu  menjaga perlindungan dan penegakan hokum mutlak untuk seluruh masyarakat Indonesia.

  • Tegaknya Supremasi Hukum.
  • Tegaknya Keadlian.
  • Mewujudkan Perdamaian.
  • Faktor Penentu Lain.

Pentingnya Perlindungan Dan Penegakan Hukum. Pada dasarnya penegakan hukum Indonesia telah teratur dalam hukum tertulis (UUD 1945) yaitu :

Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama pada hadapan hukum.
Pasal 30 Ayat 4

You May Also Like