Cara Mudah Mematikan Download Otomatis Pada WhatsApp

Cara Mudah Mematikan Download Otomatis Pada WhatsApp

Pernahkah kamu mendapat notifikasi kapasitas penyimpanan penuh di smartphonemu? Dan saat di buka ternyata folder media Whatsapplah yang menyebabkannya. Karena sering kali kita menerima pesan berisikan foto, meme, audio bahkan video yang dikirimkan kontak Whatsapp kita, ataupun anggota grup yang sedang berbalas meme.

Dan, penting untuk kamu ketahui bahwa Whatsapp memiliki fitur penyimpanan file secara otomatis. Jadi, meskipun kita tidak membuka chat ataupun tidak mengunduhnya, file tersebut akan langsung tersimpan di memori smartphone kita. Hal itulah yang membuat kita menerima notifikasi kapasitas penyimpanan penuh meskipun tidak sedang mengunduh suatu file.

Jika sudah seperti itu, pastinya kamu akan menghapus satu persatu file yang tersimpan di memori smartphone kamu. Karena bila dibiarkan, akan membuat galeri kamu tidak lagi tertata rapi, lebihnya saat memutar musik, audio yang dikirim teman kamu akan berputar juga layaknya lagu yang ada di playlist pemutar musik kamu.

Mematikan Download Otomatis Pada WhatsApp

Namun untuk tidak terjadi kembali hal tersebut, kamu bisa mengatasinya dengan mematikan download otomatis pada Whatsapp kamu. Cara mematikannya sangat mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Kamu cukup menggunakan fitur yang ada di Whatsapp untuk mematikan atau menghidupkan penyimpanan otomatis tadi. Berikut langkah – langkahnya agar bisa mematikan download otomatis pada Whatsapp khususnya untuk pengguna android:

  • Buka aplikasi Whatsapp kamu dan pilih menu “setelan” dengan klik titik tiga yang ada di kanan atas.
  • Setelah itu kamu lanjutkan dengan klik “Data dan penyimpanan”.
  • Langkah berikutnya pada menu “Unduh otomatis media” kamu pilih dan klik “Saat menggunakan data seluler”.
  • Kemudian hilangkan centang yang ada untuk “Foto” dan akhiri dengan klik “OK”.

Demikian cara yang bisa kamu lakukan untuk mematikan download otomatis pada Whatsapp kamu. Semoga bermanfaat dan memori smartphone kamu bisa lebih bersih dari file – file yang tidak penting atau bahkan mengganggu. Dan jika suatu saat kamu ingin mengaktifkan kembali fitur ini, kamu bisa menggunakan cara di atas untuk mencentang kembali yang tadi kamu hilangkan. Selamat mencoba.

You May Also Like