scan dokumen menggunakan hp

Cara Scan Dokumen Menggunakan Smartphone

Diposting pada

Kesempatan kali ini woiden akan membahas tentang Cara Scan Dokumen Menggunakan Smartphone. Di era digital saat ini siapa sangka telepon pintar ini bisa dijadikan berbagai macam kegunaan selain untuk melakukan panggilan dan internetan.

Smartphone bisa juga dijadikan sebagai alat scan dokumen fisik menjadi digital, dimana kamu bisa memanfaatkan kamera  dan aplikasi yang telah ada di smartphone. Hal ini tentunya sangat berguna bagi orang – orang yang selalu berurusan dengan dokumen dan surat tentunya.

Misalnya saat kamu lagi membutuhkan scan untuk mengirim file atau laporan yang akan dikirimkan berbentuk digital atau file dokumen PDF, sementara kamu saat itu hanya memegang file aslinya atau file fisik.

Cara kerjanya hampir mirip dengan kamera, kamu hanya membutuhkan aplikasi tambahan untuk dapat memindai dokumen ke perangkat smartphone kamu.

Scan Dokumen Menggunakan Aplikasi CamScanner

Download aplikasinya secara gratis di Playstore. Kemudian daftarkan email atau kamu bisa juga menggunakan  nomor HP untuk login kedalam aplikasi CamScanner.

Login dan pilih Icon kamera yang berada di pojok kanan bawah aplikasi.

Scan dari smartphone

Ada beberapa pilihan menu yang disediakan oleh aplikasi ini contohnya kamu bisa scan dokumen, Kartu ID, faktur dan lain – lain. Pilih dokumen untuk scan dokumen kamu.

Atur garis yang ada di hasil scan sesuaikan agar hasilnya lebih bagus, jika sudah maka klik tombol “berikutnya”.

Scan dari smartphone

Atur warna gambar yang sudah kamu scan, disini admin pilih “Warna Ajaib” agar lebih natural dan klik tombol “Simpan”.

scan dokumen menggunakan hp

Lakukan langkah diatas hingga dokumen yang kamu ingin scan selesai. Setelah itu barulah klik menu “Bagikan”.

aplikasi scan di smartphone

Pilih tipe file  yang akan kamu simpan, contohnya disini admin contohkan PDF dan klik Icon PDF seperti gambar.

Scan dokumen menggunakan android

Pilih ukuran asli untuk mendapatkan hasil yang bagus, dan barulah pilih “Save to local” agar tersimpan di memory smartphone kamu.

CamScanner untuk scan dokumen di android

Aplikasi yang sangat berguna untuk membantu pekerjaan kamu, apa lagi kamu memiliki usaha sendiri dengan memanfaatkan aplikasi dan smartphone kamu bisa menyimpan dokument fisik menjadi digital agar mudah di cek dan lihat kapanpun di butuhkan.

Itulah Cara Scan Dokumen Menggunakan Smartphone menggunakan aplikasi CamScanner. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkannya.