MONTREAL CANADA - JUNE 23 2017 : Various Google application icons on Google Play. Google Play formerly Android Market is a digital distribution service operated and developed by Google.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan HP Android Tanpa Root

Diposting pada

Setiap perangkat smartphone biasanya memiliki aplikasi bawaan yang telah terinstall dari pabrikan. Untuk smartphone Android biasanya aplikasi ini berupa aplikasi layanan dari google, seperti Google Play Music, Google Play Film, Phone Care, Google Drive, dan beberapa aplikasi layanan dari produsen smartphone tersebut.

Aplikasi bawaan ini seringkali tidak dapat dihapus, dengnan kata lain bahwa aplikasi ini seharusnya ada secara terus menerus terinstall di perangkat Anda. Sayangnya aplikasi seperti ini cenderung tidak kita gunakan sama sekali, terlebih penggunaan ruang kapasitas dari aplikasi ini yang biasanya memakan cukup banyak ruang. Sehingga sebagai pemilik memang sebaiknya untuk menghapus aplikasi tersebut.

Nah untuk menghapus aplikasi seperti ini biasanya pengguna Android lainnya menggunakan aplikasi rooting seperti System App Remover. Namun mengingat bahwa mungkin tidak semua orang ingin melakukan rooting pada smartphone mereka, terlebih jika perangkat mereka tergolong masih baru. Maka dari itu, dibawah ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa melakukan rooting sama sekali.

Cara Menghapus Aplikasi Built-In HP Android Tanpa Root

Pada penerapan kali ini, membutuhkan perangkat tambahan seperti kabel data usb dan perangakt komputer. Ini adalah alternatif yang bisa Anda gunakan ketika Anda benar-benar tidak ingin menggunakan aplikasi rooting.

Namun perlu Anda ketahui bahwa penerapan ini hanya berlaku dan dapat dijalankan pada smartphone dengan operating system Android 4.4 KitKat keatas. Jadi jika Anda menerapkan fungsi ini dibawah os 4.4, mungkin akan mengalami kegagalan. Setelah memiliki semua kebutuhan, silahkan mengiikuti langkah yag dijelaskan dibawah ini:

Langkah 1: Download Debloater Dari Komputer

Pertama download dan install program Debloater di komputer Anda melalui tautan unduh dibawah ini:

  • https://woiden.com/go/irBnDU

Pilih program yang sesuai dengan perangkat Anda. Software ini cukup ringan dan hampir kompatibel dengan semua komputer atau laptop windows.

Langkah 2: Aktifkan USB Debugging di HP Android

Untuk mengkatifkan usb debugging, cukup arahkan ke “Setelan/Settings” -> “Tentang/About” -> Ketuk “Build Numb/Nomor Pabrik” sebanyak 7 hingga 10 kali. Selanjutnya kembali ke menu “Setelan/Settings”, kemudian pilih “Opsi Pengembang/Developer Options” tepatnya diatas menu “Tentang/About”.

Setelah berada di dalam menu “Opsi Pengembang”, aktifkan menu “USB Debugging”. Jika Anda masih bingung cara pengaktifannya, silahkan menyimak artikel woiden berikut ini:

Langkah 3: Jalankan Program

Hubungkan smartphone Anda ke komputer menggunakan kabel data USB. Selanjutnya jalankan program “Debloater”, lalu pilih “Read Device Packages” dari bagian pojok kiri layar. Kemudian tunggu hingga beberapa saat hingga daftar aplikasi di smartphone Anda ditampilkan di layar.

Nah cukup Ketuk dua kali/Double Klik pada daftar aplikasi yang ingin Anda hapus, kemudian pilih menu “Apply” untuk mulai menghapus aplikasi.

Kesimpulan

Itulah singkatnya mengenai cara menghapus aplikasi bawaan ataui Built-in dari smartphone Android yang cenderung sulit untuk dihapus tanpa rooting. Namun bisa Anda lakukan dengan menggunakan bantuan perangkat komputer. Apabila Anda bersedia untuk menggunakan aplikasi rooting, Anda bisa menyimak artikel woiden lainnya mengenai cara menghapus aplikasi built-in hp Android disini.