Cara Flash Firmware Android Menggunakan SP Flash Tool

SP Flash tool merupakan salah satu aplikasi yang memungkinkan perangkat Android untuk melakukan custom recovery atau flashing firmware/rom ke system perangkat Android. Ada banyak fitur dan fungsi yang ditawarkan oleh SP flashtool yang dimana umumnya digunakan untuk flash atau install ulang software pada smartphone atau tablet Android yang mengalami masalah software seperti bootloop atau brick.

Aplikasi ini hanya dapat diinstall pada perangkat komputer windows yang nantinya akan dihubungkan ke perangkat Android menggunakan kabel data USB. Namun SP Flash tool ini pada dasarnya hanya diperuntukan untuk berbagai perangkat mobile dengan chipset MediaTek. Namun tidak menutup kemungkinan beberapa perangat lain diluar chipset ini juga dapat menggunakan aplikasi sp tool ini.

Penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah, Anda bahkan tidak perlu mengerti seluk beluk dari system android. Dimana Anda hanya perlu menginstall software yang dibutuhkan selayaknya Anda menjalankan sebuah program di komputer. Lebih jelasnya untuk bagaimana cara menggunaka SP Tool ini, bisa Anda simak pada penerapan dibawah ini:

Cara Menggunakan SP Flash Tool Untuk Flashing Android

Sebelum Anda melangkah pada langkah penerapannya, Anda terlebih dahulu harus mendapatkan beberapa tools yang dibutuhkan seperti berikut:

SP Flashtool & MediaTek USB Vcom Driver: https://spflashtool.com

Anda wajib untuk menginstall kedua tool diatas yang dibutuhkan. Selebihnya yang Anda butuhkan adalah firmware atau stock rom yang sesuai untuk smartphone atau tablet Android Anda. Firmware ini bisa Anda unduh pada situs resmi merek perangkat Anda atau dari situs berikut:

  • https://woiden.com/go/UKANrT

Selebihnya setelah Anda mendapatkan semua yang dibutuhkan termasuk firmware dan aplikasi sp tool serta usb vcom driver. Silahkan ikuti langkah flashing dibawah ini:

  1. Pertama nonaktifkan smartphone Anda. Kemudian masuk ke Mode Download/Factory Mode. Caranya tekan sambil tahan tombol fisik “Power” + “Volume Down” (Tergantung tipe perangkat).
  2. Setelah masuk ke mode download/factory. Hubungkan perangkat smartphone Anda ke komputer windows menggunakan kabel data usb.
  3. Jalankan program SP Flash tool dari komputer Anda.
  4. Kemudian dari jendela Flashtool, pilih menu “Scatter-Loading”. Kemudian cari file “MT65xx_Android_Scatter.txt” dari dalam file firmware yang telah Anda download.
  5. Setelah itu, jendela flashtool akan menampilkan semua file scatter yang tersedia. Anda cukup mencentang semua pilihan tersebut.
  6. Kemudian pilih menu “Download Only” dari menu dropdown yang tersedia.
  7. Kemudian klik tombol “Download” untuk memulasi proses flashing.
  8. Tunggu hingga proses flashing selesai selesai yang ditandai dengan indikator bertuliskan “Download OK” berwarna hijau. Proses ini membutuhkan waktu lebih sekitar 5 hingga 20 menit.

Setelah itu smartphone Anda mungkin akan melakukan reboot/restart dengan sendirinya. Jika tidak lakukan secara manual. Proses hingga perangkat Anda aktif kembali mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. Jadi tunggu saja hingga perangkat Anda aktif kembali. Pada tahap setelah, Anda sudah bisa menggunakan smartphone Android Anda seperti biasa.

You May Also Like