3 Cara Unlock GSM Semua Operator Android dan iPhone

Diposting pada

Sebagian besar smartphone atau tablet bundling dari provider telekomunikasi itu menerapkan fitur pengamanan atau locked untuk penggunaan sim card yang diluar dari sim card provider smartphone itu berasal.

Biasanya ini kita temukan saat membeli smartphone atau tablet luar negeri dengan murah dari provider ternama seperti Verizon, Docomo atau AT&T. Dan untuk membuka pengamana sim card atau unlock ini, itu cukup sulit. Namun berikut akan dijelaskan beberapa langkah yang mungkin bisa menjadi alternative untuk Anda ketika Anda terlanjur membeli Smartphone & Tablet Android maupun iOS/ iPhone dari atau bekas penggunaan salah satu provider tersebut

Apakah Denda dan Resiko Unlock Smartphone?

Beberapa tahun yang lalu, melakukan unlock smartphone dibawah produksi AT&T, Verizon atau perangkat produksi amerika adalah perbuatan illegal. Namun semenjak tahun 2014 disaat mantan Presiden Barack Obama menandatangi UU Unclocking Consumer Choice and Wireless Competition Act, melakukan Unlock bukan lagi termasuk tindakan illegal.

Dengan demikian, Anda saat sudah bisa melakukan unlock tanpa harus khawatir terjerat sanksi atau hukuman dari provider terkait smartphone yang Anda beli dari batam ataupun dari luar negeri.

Cara Unlock GSM/CDMA iPhone dan Android

Anda memiliki tiga opsi untuk unlock smartphone Anda, yaitu:

  1. Hubungi operator smartphone.
  2. Membeli unlock code online.
  3. Menggunakan Teknisi Unlock.

Jika Anda berada di AS, Anda juga memerlukan rencana kontrak/pembayaran yang membuktikan smartphone itu telah lunas. Namun jika Anda di Indonesia, Anda tidak perlu menyelesaikan kontrak Anda, terpenting Anda perlu memastikan tagihan bundling bulanan smartphone itu sudah lunas.

Cara Unlock GSM/CDMA Smartphone Dengan Menghubungi Operator Terkait

Sebelum memulai, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki beberapa poin penting dibawah:

  • Pastikan Anda memiliki pulsa yang lebih, sebab biaya panggilan telepon bisa berlipat lebih banyak dibanding panggilan nasional.
  • Anda wajib mahir berbahasa inggris.
  • Nama Anda (dan jika Anda menghubungi operator, nomor telepon atau akun Anda.
  • Nomor IMEI perangkat Anda.
  • Sandi kata sandi/password akun telepon yang telah Anda siapkan
  • Smartphone Anda bukanlah hasil dari illegal/kriminal, seperti hasil pencurian.

Sebaiknya luangkan waktu untuk meneliti kebijakan operator Anda sebelum melakukan unlocking jaringan GSM/CDMA. Sebab beberapa provider melakukan kebijakan tertentu seperti pada Verizon yang hanya mengunci pada jaringan 4G LTE dan beberapa operator lainya yang memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Untuk melihat informasi ini, anda bisa mengunjungi situs berikut dengan memasukan merek ponsel dan operator bundling smartphone Anda.

  • https://www.giffgaff.com/unlock/

Cara Unlock GSM/CDMA Smartphone Dengan Membeli Kode Unlock

Pilihan lain yang bisa Anda lakukan untuk membuka kunci atau unlock gsm smartphone adalah dengan membeli unlock code. Beberapa operator didukung secara gratis, namun sebagian besar operator dikenai tarif cukup mahal yaitu berkisar 300  hingga 1 juta. Untuk operator Indonesia sendiri berkisar 500 ribuan.

Beberapa situs yang menjual unlock code adalah sebagai berikut

  • Unlock Radar (https://www.unlockradar.com)
  • Release My Code (http://www.releasemycode.com)
  • The Unlock Arena (http://www.theunlockarena.com)
  • Doctor Sim (https://www.doctorsim.com)
  • Free Unlocks (https://www.freeunlocks.com)

Situs ini memiliki reputasi bagus, dan menawarkan garansi pengembalian dana jika kode yang dibeli tidak dapat membuka kunci operator gsm smartphone Anda. Cara ini juga yang sering digunakan oleh orang-orang yang membeli hp bekas dari batam.

Hal yang paling baik dengan metode ini adalah prosesnya yang sangat cepat. Pada pengalaman sebelumnya , woiden hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja. Pembayaran bisa melalui Kartu kredit Visa/Master Card, Paypal, Bitcoin.

Cara Unlock GSM/CDMA Smartphone Dengan Teknisi Unlock

Terdapat beberapa jasa yang ditawarkan oleh teknisi di kota-kota besar yang memungkinkan Anda untuk melakukan Unlock GSM untuk semua perangkat termasuk iPhone, Samsung, Andromax, dan beberapa merek lainnya.

Anda bisa menemukan jasa unlock gsm melalui situs-situs marketplace seperti Olx, Kaskus FJB, atau group facebook. Sebaiknya Anda menggunakan jasa unlock di kota Anda, ini untuk mengantisipasi penipuan yang membawa kabur smartphone konsumennya.

Hal yang tidak dapat Anda lakukan Setelah Unlock?

Setelah perangkat Anda telah unlock atau terbuka untuk pengguna operator lainnya. Ada pantangan atau hal yang tidak bisa Anda lakukan setelahnya. Sebab ini bisa membuat perangkat Anda terkunci kembali. Pantangan itu seperti berikut:

Jangan Upgrade Versi OS Manual

Beberapa kasus, perangkat tidak didukung oleh operating system terbaru untuk perangkat bundling. Sehingga ada beberapa langkah berbeda yang harus dilakuka untuk dapat memperbaharui os.

Ada beberap jasa atau teknisi upgrade os untuk smartphone bundling. Anda bisa mencoba jasa ini di kota Anda. Sebab mereka biasanya menjamin smartphone Anda tidak akan terkunci saat melakukan upgrade.

Service di Tempat Pribadi

Salah satu kelemahan smartphone bundling adalah Anda tidak bisa melakukan perbaikan atau service di tempat resmi merek hp Anda di Indonesia. Mengingat hp bundling ternama yang murah biasanya merupakan bundling dari luar seperti Docomo, Verizon, AT&T, T-Mobile atau Vodafone yang notabene tidak memiliki service center di Indonesia ataupun partner.

Maka satu-satunya jalan ketika hp Anda mengalami kerusakan adalah dengan membawanya ke konter hp yang dapat mengatasi masalah hp anda. Namun Anda perlu memilih kembali tempat, sebab beberapa penangan bisa membuat Hp Anda akan terkunci kembali. Sehingga ini membuat repot karena harus mencari service yang menerima perbaikan untuk hp bundling.

Hindari Mendownload Aplikasi/Tool Sembarang

Kekurangan lainnya untuk hp bundling adalah resiko untuk penggunaan aplikasi atau tools tertentu. Menggunakan aplikasi yang tidak didukung tidak hanya membuat smartphone Anda terkunci kembali, namun juga membuat beberapa error tertentu.

Maka Anda harus mewaspadai untuk menginstall atau menggunakan aplikasi yang tidak didukung di smartphone Anda.

Kesimpulan

Itulah 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk membuka kunci operator atau unlock gsm smartphone Samsung, iphone, andromax, sony, dan lainnya yang support untuk semua operator di Indonesia.

Woiden tidak menyarankan Anda untuk membeli smartphone atau tablet bundling dari luar, namun jika Anda bersedia menanggung segala resiko. Maka adalah hak Anda tentunya.