Cara Menyembunyikan Pesan Percakapan Chat WhatsApp

Diposting pada

Akhirnya beberapa waktu yang allu WhatsApp menghadirkan fitur arsip yang memungkinkan pengguna untuk dapat dengan mudah menyembunyikan atau mengarsipkan sementara pesan percakapan atau chat yang pernah dilakukan.

Fitur ini akan menyimpan pesan percakapan atau chat kedalam penyimpanan memory internet di smartphone kita. Sehingga ini benar-benar berfungsi untuk menyembunyikan chat wa kita untuk sementara tanpa mengahpusnya.

Hebatnya fitur ini tidak hanya dapat berfungsi untuk mengarsipkan percakapan individual atau personal. Namun juga dapat mengarsipkan percakapan atau chat group di aplikasi whatsapp kita.

Langkahnya pun sangatlah mudah, bahkan hanya dengan beberapa sentuhan saja, setiap chat yang ditetapkan dapat seketika berpindah ke menu arsip yang dapat kapanpun diakses atau pulihkan dengan cepat pula. Lebih jelasnya mengenai penerapan ini, bisa Anda lihat pada uraian lengkap dibawah ini.

Cara Mengarsipkan Percakapan Chat WhatsApp

Sama seperti fitur lainnya yang telah diluncurkan oleh WhatsApp sebelumnya. Fitur archived atau arsip ini juga berfungsi di kedua perangkat smartphone yaitu Android dan iOS/iPhone, lebih detailnya untuk kedua penerapan dijelaskan rinci dibawah.

Cara Arsipkan Chat WA Dari Android

Arahkan ke feed atau beranda chat Anda, kemudian tekan sambil tahan baris chat yang ingin Anda sembunyikan. Seb uah menu popup akan muncul. Maka ketuk pilihan “Archive Chat” atau “Arsipkan” atau ikon “Archive” (Arah panah bawah) di menu toolbar.

WhatsApp juga memberi Anda kemampuan untuk mengarsipkan semua percakapan Anda hanya dalam satu langkah. Untuk melakukannya, cukup alihkan ke Menu -> Settings. Selanjutnya, buka Chat Settings -> Archive all chats. Klik OK untuk mengarsipkan percakapan chat Anda.

Cara Arsipkan Chat WA Dari iPhone/iOS

Sedangkan untuk pengguna iPhone atau iOS, Langkahnya sedikit berbeda. Buka beranda atau feed chat wa Anda dan gulir ke percakapan yang ingin Anda arsipkan. Selanjutnya, geser baris obrolan yang Anda ingikan dari kanan ke kiri.

Ketuk “Archive” untuk menyembunyikan percakapan Anda.

Pengguna iPhone juga bisa memilih untuk mengarsipkan semua percakapan mereka sekaligus. Cukup arahkan ke menu Settings -> Archive All Chats.

Cara Mengembalikan Arsip Chat di WhatsApp

Setelah Anda mengarsipkan beberapa percakapan. Kapanpun Anda bisa mengembalikan chat yang Anda sembunyikan. Caranya cukup mudah seperti berikut:

Mengembalikan Arsip Chat WhatsApp di Android

Setelah obrolan diarsipkan, Anda dapat menemukan obrolan tersembunyi dengan menggulir ke bagian bawah layar beranda Chat. Anda akan melihat text bertuliskan “Archive chats (1)” dibawah, cukup klik tombol ini untuk melihat dan mengembalikan obrolan yang diarsipkan.

Untuk memulihkannya, klik sambil tahan chat yang diginkan. Lalu pilihi “Unarchive” atau klik ikon “Unarchive” berbentuk arah panah atas di menu toolbar.

Mengembalikan Arsip Chat WhatsApp di iPhone

Obrolan yang diarsipkan secara otomatis akan dipulihkan setelah menerima pesan atau chat baru dari obrolan tersebut. Namun, Anda dapat secara manual mengembalikan chat obrolan dengan mencari nama kontak atau pesan dari kontak tersebut.

Buka jendela “Archived Chats” dan slide daftar kontak itu dari kanan ke kiri sama seperti sebelumnya ketika Anda mengarsipkan chat tersebut.

Ketuk “Unarchive” untuk mengembalikan chat wa Anda.

Kesimpulan

Dengan fitur ini Anda dapat dengan mudah menyembunyikan chat Anda dari orang-orang yang tidak diinginkan. Tapi kembali lagi, mungkin ini tidaklah sepenuhnya sesuai harapan, sebab chat masih sangat mudah diketahui. Untuk masalah ini mungkin whatsapp akan memperbaharuinya, kita tunggu saja.