Cara Menggunakan RAM Manager di Android 7.0 Nougat

Diposting pada

Android Nougat mempertahankan fitur manajemen memori yang pertama kali diperkenalkan di Android 6.0 Marshmallow. Fitur ini disebutdengan RAM Manger dengan segudang manfaat informasi yang tetap dipertahankan.

Dengan RAM Manager, Anda bisa membatalkan atau menutup sebuah aplikasi yang menggunakan banyak memori smartphone Anda. Fitur ini mungkin harus menjadi tindakan pertama yang harus Anda ubah saat kinerja smartphone Anda mulai melambat suatu saat.

Mungkin disebagian besar smartphone telah memiliki fungsi yang serupa. Jadi woiden rasa, tidak perlu panjang lebar dijelaskan. Lanjut kelangkah penerapan berikut ini tentang bagaimana cara menggunakan RAM Manager di Android Nougat.

Cara Membuka Aplikasi RAM Manager Android Nougat

  1. Buka “Settings” melalu daftar menu aplikasi atau dengan dengan slide layar notifikasi atau pemberitahuan lalu mengetuk ikon roda gigi.
  2. Gulir kebawah, kemudian ketuk “Memory”.

Layar berikutnya Anda akan melihat gambar secara umum penggunaan memori di smartphone Anda dalam tiga jam terakhir. Pada bagian ini juga akan menampilkan rating kinerja, total memori yang digunakan, penggunaan rata-rata dalam hitungan persen dan jumlah RAM yang masih tersedia.

Anda dapat menyesuaikan jangka waktu yang ditampilkan RAM Manager untuk penggunaan memori Anda. Caranya sebagai berikut:

  1. Ketuk tab dibagian atas untuk mengubah jangka waktu.
  2. Dari menu drop-down yang muncul, pilih penambahan waktu yang Anda inginkan 6 jam, 12 jam atau satu hari.

Anda juga bisa mendapatkan rincian lebih lanjut tentang berapa banyak memori yang digunakan aplikasi lain.

  1. Ketuk bagian Memori yang Digunakan
  2. Anda akan melihat daftar aplikasi lain atau bahkan bagian dari sistem operasi Android. Misalnya, ketika mengetuk pilihan OS Android. Ini akan memberi Anda lebih banyak metrik tentang berapa banyak kinerja sistem Anda yang sedang digunakan.
  3. Anda juga dapat mengetuk aplikasi lainnya untuk melihat detail serupa tentang kinerja aplikasi tersebut.

Jika aplikasi memberi Anda masalah, Anda dapat menutup secara paksa atau menghapus instalasi aplikasi dari jendela ini juga. Anda juga dapat memeriksa apakah aplikasi ditetapkan sebagai aplikasi default untuk semua jenis fungsi.