Naringenin di Grapefruit (Jeruk Keprok) Cegah Pembentukan Kista Ginjal

Citrus paradisi (Grapefruit, Jeruk keprok)
Citrus paradisi (Grapefruit, Jeruk keprok)
Citrus paradisi (Grapefruit, Jeruk keprok). (Photo: Aleph)

Bhataramedia.com – Para ilmuwan di Royal Holloway, University of London, telah menemukan bahwa produk alami yang ditemukan dalam grapefruit (Citrus × paradisi) dapat mencegah pembentukan kista ginjal.

Naringenin, yang juga terdapat di buah jeruk lainnya, telah ditemukan berhasil memblokir pembentukan kista ginjal. Kista ini merupakan efek yang terjadi pada penyakit ginjal polikistik. Naringenin mengatur kinerja protein PKD2 yang bertanggung jawab atas kondisi tersebut. Beberapa perawatan yang tersedia saat ini untuk gejala yang meliputi tekanan darah tinggi dan hilangnya fungsi ginjal, mengarah pada kebutuhan untuk dialisis.

Hari Ginjal Sedunia, yang ditandai di seluruh dunia pada 13 Maret, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ginjal dan faktor risiko penyakit ginjal. Penemuan manfaat naringenin menjadi langkah penting ke depan dalam pengobatan dan pencegahan penyakit ginjal di masa depan.

Seperti dilansir alphagalileo.org (12/3/2014), Profesor Robin Williams, dari School of Biological Sciences di Royal Holloway, mengatakan:. “Penemuan ini sangat penting dalam membantu kita untuk memahami bagaimana penyakit ginjal polikistik dapat dikendalikan dan akhirnya diobati dengan efektif. Penyakit ginjal adalah suatu kondisi melemahkan yang dapat berakibat fatal sehingga menemukan pengobatan terhadap penyakit ini merupakan prioritas kesehatan yang benar-benar mendesak. “

You May Also Like