BPJS Kucurkan Beasiswa 1 Miliar

Logo BPJS Ketenagakerjaan

Bhataramedia.com – Dilansir dalam okezone.com (14/10/2014), pada umumnya masyarakat Indonesia mengenal Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sebagai sebuah lembaga yang berkecimpung dibidang jaminan kesehatan saja. Padahal dalam undang-undangnya BPJS melayani masyarakat dalam bidang ketenagakerjaan dan kesehatan. Dengan nama Jaminan Sosial sudah barang tentu lembaga ini berkewajiban menjamin hak sosial masyarakat salah satunya adalah pendidikan. BPJS melakukan kewajiban tersebut dengan mengadakan progam beasiswa terhadap mahasiswa dan mahasiswi berprestasi akan tetapi kurang mampu dalam bidang ekonominya untuk menerima beasiswa BPJS.

Universitas UI Uji Coba Pertama

Universitas Indonesia (UI) menjadi percobaan pertama yang dituju BPJS untuk mengadakan seleksi penerimaan beasiswa BPJS ini. Tidak tanggung-tanggung BPJS mengalokasikan dana 1 miliar untuk 60 mahasiswa terpilih. Dengan adanya beasiswa ini BPJS berharap akan meningkatnya prestasi mahasiswa dan akan bisa bermanfaat bagi negara kelaknya. Dalam prosesnya beasiswa ini bukan ditujukan untuk membiayai biaya pendidikannya, namun lebih diperuntukkan sebagai biaya hidup mahasiswa sehingga para orangtua mahasiswa akan ikut terbantu didalamnya.

Sebagaimana diketahui kebutuhan hidup seorang mahasiswa sangatlah banyak apalagi jika dia termasuk dalam mahasiswa perantau atau luar daerah. Mulai dari kebutuhan makan dan minum, tenpat tinggal, kebutuhan sehari-hari. Untuk wilayah pulau Jawa kebutuhan hidup termasuk relatif tinggi hingga banyak orang tua yang takut untuk ingin memberikan anaknya pendidikan yang lebih tinggi. Diberikannya beasiswa ini kepada mahasiswa Universitas Indonesia sebagai proyek pertama disambut dengan hangat oleh para mahasiswa didalamnya. Selain mereka berkesempatan untuk mendapatkannya, beasiswa ini juga sebagai ajang para mahasiswa untuk berlomba menunjukkan prestasi mereka yang sudah barang tentu hasilnya akan membanggakan baik dari pihak kampusnya maupun orang tuanya.

Hanya Untuk Yang Berprestasi

Bukan sembarang mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa BPJS ini. Penyelenggara beasiswa ini telah menyeleksi ketat dari ribuan peminatnya. Yang paling diutamakan adalah mahasiswa berprestasi namun kekurangan dalam hal ekonomi. Karena tujuan utama dari diberikannya beasiswa ini adalah membantu para mahasiswa kurang mampu untuk tetap bermimpi dan menjaga mimpinya untuk merauh pendidikan yang lebih tinggi lagi. Untuk rencana selanjutnya bukan hanya Universitas Indonesia yang bisa menikmati beasiswa ini, akan tetapi akan dikembangkan lagi pada universitas lainnya di seantero Indonesia.

You May Also Like