Meditasi Membuat Anda Lebih Kreatif

meditasi

Bhataramedia.com – Teknik meditasi tertentu ternyata dapat mempromosikan pemikiran kreatif, bahkan jika Anda belum pernah bermeditasi sebelumnya.

Seperti dilansir Leiden University (28/10/2014), hal tersebut berdasarkan hasil dari sebuah studi oleh psikolog kognitif Lorenza Colzato dan Dominique Lippelt di Universitas Leiden, yang diterbitkan pada Mindfulness.

Pengaruh jangka panjang

Penelitian ini merupakan indikasi yang jelas bahwa Anda tidak perlu menjadi meditator berpengalaman untuk mendapatkan keuntungan lebih dari meditasi. Temuan ini mendukung keyakinan bahwa meditasi dapat memiliki pengaruh jangka panjang pada kognisi manusia, termasuk bagaimana kita memahami ide-ide baru. Selain meditator berpengalaman, para pemula juga mampu mendapatkan keuntungan dari meditasi.

Teknik berbeda memiliki efek yang berbeda

Namun, hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak semua bentuk meditasi memiliki efek yang sama pada kreativitas. Orang yang menjalani tes melakukan lebih baik di dalam berpikir secara divergen (memikirkan banyak solusi yang mungkin untuk masalah yang diberikan) setelah meditasi jenis Open Monitoring (menjadi reseptif terhadap setiap pikiran dan sensasi). Para peneliti tidak melihat efek ini pada pemikiran divergen setelah seseorang melakukan meditasi jenis Focused Attention (berfokus pada pikiran tertentu atau objek).

Sebanyak 40 orang berpartisipasi di dalam studi ini. Mereka harus bermeditasi selama 25 menit sebelum melakukan tugas-tugas pemikiran mereka. Orang-oran tersebut terdiri dari mediator yang berpengalaman dan orang-orang yang tidak pernah melakukan meditasi sebelumnya. Studi ini meneliti pengaruh dari berbagai jenis teknik meditasi pada dua bahan utama kreativitas :

1. Berpikir divergen memungkinkan bagi banyak ide-ide baru untuk dihasilkan. Hal ini diukur dengan menggunakan apa yang disebut metode Alternate Uses Task, dimana para peserta dituntut untuk berpikir mengenai banyaknya kegunaan yang mungkin dari suatu objek tertentu, seperti pulpen.

2. Berpikir konvergen, di sisi lain, adalah proses dimana dihasilkannya satu solusi yang mungkin untuk suatu masalah tertentu. Hal ini diukur dengan menggunakan metode Remote Associates Task, dimana tiga kata yang tidak terkait disajikan kepada para peserta, kata-kata seperti ‘waktu’, ‘rambut’ dan ‘meregang’. Para peserta kemudian diminta untuk mengidentifikasi hubungan umum dari kata-kata tersebut, di dalam hal ini adalah ‘panjang’.

You May Also Like