Kecanduan Perangkat Mobile Terkait dengan Depresi dan Kecemasan

iPhone, smartphone
iPhone, smartphone
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Apakah penggunaan ponsel merugikan kesehatan mental? Studi baru dari University of Illinois menemukan bahwa kecanduan menggunakan teknologi mobile terkait dengan kecemasan dan depresi pada usia mahasiswa.

Studi ini dipublikasikan di jurnal Computers in Human Behavior.

“Ada sejarah panjang ketakutan masyarakat terhadap teknologi baru, ketika teknologi tersebut digunakan di masyarakat,” kata profesor psikologi UI, Alejandro Lleras. Dia melakukan penelitian ini dengan mahasiswa Tayana Panova. Ketakutan terhadap teknologi baru ini terjadi pada televisi, video game dan yang terbaru, smartphone, katanya.

Lleras dan Panova mensurvei lebih dari 300 mahasiswa dengan kuesioner yang ditujukan pada kesehatan mental siswa, jumlah ponsel dan penggunaan internet, dan motivasi untuk beralih ke perangkat elektronik mereka. Pertanyaannya termasuk : “Apakah Anda berpikir bahwa prestasi akademik atau pekerjaan Anda telah terkena dampak negatif oleh penggunaan ponsel Anda?” dan “Apakah Anda berpikir bahwa hidup tanpa Internet membosankan, kosong dan sedih?”

Tujuannya adalah untuk melihat apakah perilaku adiktif dan merusak diri sendiri dengan ponsel dan internet, berkaitan dengan kesehatan mental.

“Orang-orang yang menjelaskan diri memiliki perilaku kecanduan tinggi terhadap internet dan ponsel, memiliki tingkat depresi dan kecemasan yang jauh lebih tinggi,” kata Lleras, seperti dilansir University of Illinois at Urbana-Champaign (02/03/2016).

Namun, para peneliti tidak menemukan hubungan antara penggunaan ponsel atau Internet dengan hasil kesehatan mental negatif, di antara peserta yang menggunakan teknologi tersebut untuk melarikan diri dari kebosanan. Dengan demikian, motivasi untuk online merupakan faktor penting dalam menghubungkan penggunaan teknologi untuk depresi dan kecemasan, kata Lleras.

Pada sebuah studi tindak lanjut, Lleras menguji peran memiliki, tetapi tidak menggunakan ponsel selama situasi stres. Individu-individu yang diizinkan untuk membawa ponsel mereka selama situasi stres eksperimental, kurang mungkin untuk secara negatif dipengaruhi oleh stres dibandingkan dengan mereka yang tidak membawa ponsel.

“Memiliki akses ke ponsel tampaknya memungkinkan kelompok tersebut menolak atau menjadi kurang sensitif terhadap manipulasi stres,” kata Lleras. Manfaat ini kecil dan berumur pendek, tetapi Lleras menyarankan ponsel dapat berfungsi sebagai item kenyamanan pada situasi stres atau kecemasan.

Hubungan antara motivasi untuk menggunakan ponsel atau Internet dan kesehatan mental membutuhkan eksplorasi lebih lanjut, kata Lleras. Melanggar kebiasaan teknologi adiktif dapat memberikan pengobatan tambahan yang penting untuk mengatasi masalah kesehatan mental seperti gangguan kecemasan umum atau depresi, katanya.

“Kita tidak perlu takut pada orang yang sedang online atau berbicara di ponsel mereka,” katanya. “Interaksi dengan perangkat tidak akan membuat Anda tertekan jika Anda hanya menggunakannya ketika Anda bosan. Ini harus pergi ke arah menenangkan beberapa kecemasan publik terhadap teknologi baru.”

Referensi Jurnal :

Tayana Panova, Alejandro Lleras. Avoidance or boredom: Negative mental health outcomes associated with use of Information and Communication Technologies depend on users’ motivations. Computers in Human Behavior, 2016; 58: 249 DOI: 10.1016/j.chb.2015.12.062.

You May Also Like