Informasi dan Jadwal Penerimaan CPNS 2016

mahasiswa, ujian, belajar, pendidikan
mahasiswa, ujian, belajar, pendidikan
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Tak bisa dipungkiri bahwa setiap ada lowongan CPNS termasuk pada pendaftaran CPNS 2016 nanti banyak yang siap bersaing untuk bisa lulus sebagai seorang PNS mengingat pekerjaan yang dijanjikan memang cukup santai dengan gaji yang tetap bahkan terus bertambah seiring waktu maka selanjutnya kapan sebenarnya jadwal tes CPNS 2016 itu dilaksanakan?

Baiklah dimulai dari usulan yang akan dimulai sejak penyelenggaraan tes CPNS tahun sebelumnya selesai, setiap daerah diminta untuk mengajukan formasi atau jumlah kuota yang akan dibuka dalam penerimaan CPNS 2016 yang akan berlangsung hingga pertengahan tahun 2016 bisa bulan Mei atau bulan Juni 2016 yang akan datang.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyatakan, moratorium rekrutmen CPNS pada 2016 sifatnya terbatas. Artinya, masih ada formasi tertentu yang dibuka lantaran sejumlah instansi masih sangat membutuhkan pegawai baru.

Rencananya, formasi yang dibuka adalah tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan penegak hukum. Adapun tenaga kesehatan terdiri dari bidan PTT, dokter PTT, perawat, tenaga kesehatan lainnya. Kuota yang disiapkan sekitar 42 ribu.

Formasi tenaga pendidik diprioritaskan untuk guru 3T (terluar, terdepan, tertinggal). Jumlahnya, sekitar 3.000-an.  Formasi tenaga penegak hukum sekitar 1.000-an.

Selain tiga formasi tersebut, pemerintah juga mengalokasikan untuk lulusan sekolah ikatan dinas sekitar 5.000-an. Sekolah ikatan dinas ini, antara lain, Sekolah Tinggi Sandi Negara milik Lemsaneg, Sekolah Tinggi Intelegen (BIN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (BPS), serta sekolah untuk penjaga sipir/lapas dan imigrasi (Kementerian Hukum dan HAM).

‎Selain itu, ada juga sekolah D2 dan D3 Perpajakan milik Kementerian Keuangan, sekolah pengamat gunung berapi (BMKG), dan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) (Kemendagri).

Sebagai gambaran maka disini kami rangkum beberapa poin penting dalam jadwal lengkap tes CPNS tahun 2016 yakni :

  1. Bulan Maret 2016 menjadi awal pembukaan tes CPNS hingga pertengahan tahun (meski pada penerpannya bisa dimulai april, mei, juni ataupun juli), masih menunggu kabar selanjutnya dan update cek di Jadwal CPNS Maret 2016.
  2. Pendaftaran online dan juga pengiriman berkas sesuai dengan syarat lamaran yang telah ditentukan oleh daerah penyelenggara tes CPNS 2016 yang akan berlangsung hingga bulan agustus hingga sepetember sesuai dengan bukaan.
  3. Jeda waktu beberapa minggu sambil menantikan hari pelaksanaan tes tertulis TKD CPNS tahun 2016.
  4. Menyelesaikan tes seleksi oleh semua daerah yang mengadakan tes seleksi CPNS 2016.
  5. Menantikan hasil pengumuman kelulusan tes CPNS 2016.

You May Also Like