Resep Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

ibu hamil
ibu hamil
Ibu hamil.

Bhataramedia.com – Seorang ibu hamil memerlukan berbagai asupan makanan yang sehat, bernutrisi dan juga bergizi. Hal ini tak lain adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh janin yang sedang dikandungnya. Selain itu, makanan yang sehat pun dapat membuat kesehatan ibu hamil terjaga. Bila ibu hamilnya sehat, tentu kandungannya pun turut sehat. Oleh karena itu, makanan sehat ini sangat perlu sekali untuk selalu dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kriteria makanan sehat pada umumnya adalah makanan yang memiliki kandungan gizi, nutrisi dan vitamin yang tinggi. Selain itu, makanan yang sehat pun terbebas dari kandungan zat-zat kimia berbahaya. Buah-buahan adalah salah satu sumber makanan yang sehat. Selain dapat dikonsumsi secara langsung atau pun dibuat menjadi jus.

Berikut ini ada beberapa resep olahan makanan sehat yang cocok sekali untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

1. Kentang Panggang

Kentang bisa menjadi alternatif makanan untuk memenuhi karbohidrat bagi ibu hamil yang merasa mual saat mengkonsumsi nasi. Bahan-bahan yang diperlukan pun tidak akan membuat ibu hamil kerepotan dalam menyiapkannya. Ibu hamil dapat menyiapkan empat buah kentang yang telah dicuci bersih. Lalu bungkuslah kentang tersebut dengan menggunakan aluminium foil. Kemudian masukkan kedalam microwave selama kurang lebih setengah jam.

Setelah itu, angkat kentang dan belahlah bagian atas dari kentang tersebut. Pada bagian yang dibelah tersebut letakkan beberapa potongan brokoli dan parutan keju. Pangganglah kembali kentang tersebut di dalam microwave dengan suhu sekitar 150 derajat celsius dan waktu kurang lebih lima belas menit.

2. Waffle Buah

Makanan manis yang kaya akan karbohidrat dan vitamin ini sangat cocok menjadi cemilan yang sehat bagi ibu hamil. Untuk membuat waffle ini hal utama yang diperlukan adalah pemanggang waffle itu sendiri. Lalu yang kedua yakni membuat adonan wafflenya. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat adonan waffle yaitu tepung terigu sebanyak 250gram, lima buah kuning telur, susu cair sebanyak 350 mili liter, mentega, gula pasir, baking powder, vanili dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dicampur sampai rata dan benar-benar lembut. Kemudian tinggal menuangkan adonan tersebut ke dalam pemanggang waffle yang panas. Dan tunggulah beberapa saat sampai benar-benar matang.

Angkat waffle yang telah matang tersebut, lalu hiasi dengan potongan buah-buahan yang disuka. Bisa pula menambahkan sedikit selai buah, coklat cair atau madu di atas waffle tersebut. Memakan waffle dengan es krim pun bisa menjadi pilihan yang menarik dan menggugah selera makan ibu hamil.

You May Also Like