Pilihan Lagu yang Tepat untuk Anak-Anak

anak-anak, musik, lagu
anak-anak, musik, lagu
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Terlihat begitu miris melihat bagaimana anak-anak yang menyanyikan lagu-lagu yang bertema cinta. Apalagi banyak sekali lirik dari lagu-lagu tersebut yang terdengar vulgar dan sangat tidak cocok untuk dinyanyikan anak-anak. Karena memang sebenarnya lagu-lagu tersebut ditujukan untuk orang dewasa. Keberadaan industri lagu-lagu khusus anak-anak seakan-akan mati. Setelah era 90an, lagu untuk anak-anak tak terdengar lagi suaranya. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa anak-anak menyanyikan lagu untuk orang dewasa.

Sebagai orang tua seharusnya bijak dalam mengawasi hiburan untuk anak-anak. Salah satu caranya yakni dengan mengarahkan mereka kepada hiburan yang sesuai usianya, baik itu berupa tontonan seperti kartun atau lagu-lagu tertentu. Namun, bila Anda kebingungan dalam mencari lagu-lagu yang tepat untuk anak-anak Anda. Berikut ini beberapa referensi lagu-lagu anak yang bisa Anda jadikan pilihan.

1). Lagu Daerah

Indonesia terdiri berbagai suku bangsa yang memiliki bahasa, budaya dan adat istiadat yang berbeda-beda. Selain itu, berbagai suku bangsa yang ada di Indonesia juga memiliki kesenian yang berbeda-beda pula. Salah satu produk kesenian yang dihasilkan yakni lagu daerah. Ada banyak sekali lagu daerah yang ada di Indonesia. Diantara lagu daerah tersebut ada lagu-lagu yang memang ditujukan untuk anak-anak. Jadi, Anda bisa mencoba mengajarkan lagu daerah tersebut. Misalnya saja lagu “Ampar-ampar Pisang” dari daerah Kalimantan Selatan.

2). Lagu Anak-anak Lawas

Musik yang bagus tidak akan mengenal batas waktu, selalu enak untuk dinyanyikan kapan saja. Hal itulah yang terjadi pada berbagai lagu anak-anak yang berasal dari tahun 80an, 90an atau bahkan jauh sebelum itu. Sebut saja lagu “Anak Gembala”, “Balonku”, “Bintang Kecil”, “Abang Tukang Baso”, “Amelia”, “Lihat Kebunku”, “Kring Ada Sepeda”, dan lain sebagainya. Meski lagu-lagu tersebut merupakan lagu lama, namun selalu menarik untuk dinyanyikan.

Jika Anda kesulitan mencari referensi lagu-lagu untuk anak-anak, Anda bisa mencarinya di youtube. Di website tersebut terdapat banyak sekali video lagu untuk anak-anak Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa mencari aplikasi lagu untuk anak-anak Indonesia di Play Store dari smartphone Anda.

You May Also Like