Bingung Memilih Meja Belajar Anak ? Coba Tips Ini

Meja belajar anak.
Meja belajar anak.
Meja belajar anak.

Bhataramedia.com – Kenyamanan dan fasilitas yang memadai sangat dibutuhkan dalam proses belajar anak. Agar anak-anak lebih semangat dalam belajar saat di rumah. Meja belajar merupakan salah satu sarana belajar yang dibutuhkan oleh anak-anak untuk belajar di rumah. Namun sebagian besar orang tua tidak tepat dalam memilih meja belajar untuk anak-anaknya. Mereka sering kali melupakan faktor kenyamanan saat membelikan meja belajar untuk anaknya.

Padahal jika anak-anak merasa nyaman tentu proses belajarnya pun akan terasa menyenangkan baginya. Berikut ini ada beberapa tips dalam memilih meja belajar yang diperuntukkan bagi anak-anak.

Usia Anak

Usia anak merupakan faktor penting yang menentukan meja belajar seperti apa yang cocok untuk anak-anak. Contohnya saja bila anak-anak masih berusia balita dan bersekolah di taman kanak-kanak, meja belajar berukuran kecil lengkap dengan kursinya. Meja dan kursi yang berukuran kecil ini tentu sesuai dengan ukuran tubuh si anak yang masih kecil dan dalam proses pertumbuhan. Pilihlah warna meja dan kursi yang ceria atau berwarna-warni. Warna seperti itu lebih disukai oleh anak-anak yang masih bersekolah di taman kanak-kanak. Selain itu, menurut penelitian benda-benda yang berwarna-warni akan merangsang kecerdasan anak.

Contoh lainnya, untuk anak-anak yang masih bersekolah di sekolah dasar sebaiknya dipilihkan meja belajar yang ukurannya sedang. Anak-anak pada usia ini biasanya lebih tengah menyukai karakter tokoh dalam kartun atau film animasi favoritnya. Jadi meja belajar yang dihiasi dengan karakter tokoh favoritnya bisa dipilih agar anak-anak lebih semangat saat belajar.

Kelengkapan Meja Belajar

Pilihlah meja belajar yang dapat menampung perlengkapan sekolah anak-anak. Ada rak buku untuk menyimpan buku-buku, laci-laci penyimpanan, atau bahkan ada tempat untuk menyimpan personal computer. Dengan begitu, semua perlengkapan sekolah akan terorganisasi dengan baik di meja belajar.

Kursi

Meja belajar tentu tidak akan lengkap tanpa adanya kursi. Saat memilih meja belajar perhatikan pula kursinya. Pastikan kursi tersebut memiliki sandaran kursi yang nyaman. Sandaran kursi tak hanya berfungsi untuk tempat bersandar punggung saat tengah duduk saja. Namun, dengan adanya sandaran kursi ini anak-anak tidak akan terlalu membungkuk punggungnya saat belajar. Kebiasaan terlalu sering dan lama dalam membungkuk punggung tidak baik bagi kesehatan tulang dan juga keseimbangan bentuk tulangnya.

Penataan Meja Belajar

Meja belajar yang sudah dibeli sebaiknya segera di tata dengan baik. Tempatkan beberapa benda yang disukai oleh anak-anak untuk memicu mereka lebih bersemangat dalam belajar. Misalnya saja dengan menempatkan boneka kecil kesukaannya. Siapkan pula perlengkapan belajarnya yang diperlukan. Seperti alat tulis, buku-buku atau lampu belajar yang merupakan pencahayaan tambahan agar anak-anak belajar dalam kondisi pencahayaan yang cukup.

You May Also Like