Mau Jadi Anak yang Berprestasi? Ini Caranya !

anak, membaca, belajar
anak, membaca, belajar
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Menjadi pelajar yang pandai untuk saat sekarang memang sudah menjadi keharusan. Tantangan di era globalisasi sangat luar biasa. Karena itulah baik siswa maupun pelajar dituntut agar menjadi orang yang musti pintar, dan berprestasi. Karena mereka yang mampu bersaing di era globalisasi, terlebih saat MEA adalah waktu untuk menunjukkan kemampuan dan keterampilan.

Agar tidak kecewa dengan proses belajar yang saat ini sedang dijalani, sebaiknya simak tips berikut ini agar kita siap menjadi anak yang berprestasi, ini caranya:

Teguhkan niat

Niat merupakan hal yang utama apabila seseorang akan melakukan pekerjaan atau aktivitas, terlebih aktivitas yang berhubungan dengan belajar. Sehingga jika kita mau serius, maka teguhkanlah niat kita.

Kesungguhan Dalam belajar

Menjadi pelajar yang berprestasi memerlukan kesungguhan dalam belajar. Karena sekolah bukanlah sekedar untuk bermain, mencari teman, jajan dan lain sebagainya tetapi sekolah adalah aktivitas belajar yang memerlukan kesungguhan.

Disipin dalam menggunakan waktu

Time Is money atau waktu adalah uang, beberapa Istilah ini sangat populer dalam kehidupan kita sehingga orang barat sering mengatakan waktu adalah uang, oleh sebab itu mereka tak ingin menggunakan waktu dengan sia-sia.

Disiplin dalam menggunakan waktu merupakan hal yang utama untuk mencapai sebuah keberhasilan secerdas dan sekaya apapun kita tanpa disiplin maka prestasi itu takkan pernah kita bisa capai.

Disiplin dalam waktu harus kita lakukan dalam kehidupan sehari mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Cobalah kita buat agenda kita seperti mulai dari aktivitas tidur, sholat, mengaji, belajar, bermain, berolahraga, ikut les dan lain sebagainya, apabila jadwal ini bisa kita lakukan dengan disiplin insyaallah kita akan menjadi orang –orang yang berprestasi.

Percaya diri

Percaya diri merupakan hal yang penting bagi setiap orang, karena kita harus percaya pada kemampuan yang kita miliki. Banyak orang yang tidak percaya diri karena merasa dirinya tidak pandai, sehingga akhirnya harus tergantung pada orang lain.

Setiap orang sesungguhnya harus merasa percaya dengan kemampuan yang dimilikinya betapapun hasil prestasinya tidak sebagus yang dicapai orang lain tetapi itulah hasil maksimal dari percaya diri yang dimiliki.

Tentukan Target

Pada perjalanan setiap manusia tentu selalu punya tujuan kemana kita akan melangkah dan apa yang akan kita lakukan. Jika kita ingin memiliki prestasi maka kita harus memiliki target dalam belajar, berapa nilai yang harus kita capai.

Misalnya kita memiliki target nilai Matematika 80, Bahasa Indonesia 90, menang kejuaraan olimpiade, kejuaraan Futsal dan lain-lain sebagainya. Semua target yang sudah kita tentukan harus dilakukan secara maksimal agar target-target tersebut bias tercapai.

Itulah lima tips atau cara agar kita dapat menjadi orang yang berprestasi secara akademik, semoga berhasil.

You May Also Like