Akhlak Terpuji Rahasia Sukses Kejayaan Islam

Talkshow bertema Membangun Peradaban Berlandaskan Pemikiran Islam. (Credit: its.ac.id)

Bhataramedia.com – Peradaban Islam pada masa lalu mengalami masa kejayaannya. Di bawah pimpinan Nabi Muhammad SAW dan para khalifah membawa perkembangan pesat pada peradaban Islam. Lalu, bagaimana dengan peradaban di abad ini? Sangat disayangkan, dengan berbagai faktor yang melatarbelakangi peradaban Islam saat ini tengah mengalami kemunduran.

Dapatkah Islam menggapai masa kejayaannya kembali seperti pada masa lampau? Untuk menjawabnya, bisa bercermin pada kejayaan Islam pada masa lalu. Yakni dengan menemukan kunci dari pesatnya perkembangan dan kejayaan Islam pada masa lalu. Hal inilah yang menjadi bahasan dalam acara talkshow di Masjid Manarul Ilmi (MMI). Acara talkshow yang berlangsung pada Jumat (08/05) ini menghadirkan Dr. H Adian Husaini MA sebagai pembicara.

Dalam acara talkshow bertema “Membangun Peradaban Berlandaskan Pemikiran Islam” ini, Adian menuturkan bahwa salah satu hal terpenting dan mendasar pada masa kejayaan peradaban Islam di masa lalu terletak pada akhlak umat Islam pada masa itu yang berakhlak baik dan mulia. Karena itu sangat penting untuk memperbaiki akhlak atau adab diri sendiri menjadi baik terlebih dahulu. “Kalau adabnya sudah benar, insyaallah tak akan terjadi orang pintar melakukan perbuatan yang dilarang agama,” kata Adian, seperti dikutip dari website resmi ITS (08/05/2015). Namun sayangnya, Umat Islam saat ini sedang mengalami kemerosotan akhlak atau adab.

Adian melanjutkan, adab atau akhlak yang baik tak hanya akan bermanfaat bagi diri sendiri saja. Namun juga terhadap kemajuan peradaban Islam, salah satunya kemajuan dalam bidang keilmuan pada masa lalu. Hal ini tak terlepas karena adanya toleransi tinggi dalam Islam terhadap bidang keilmuan. “Pada zaman tersebut science dan Islam bisa bergandengan dengan sangat baik,” Adian menjelaskan.

Selain itu, dibidang kehidupan sosial masyarakat pun dalam Islam tak mengenal status sosial, kaya atau miskin, pejabat atau bukan, kelas bawah atau kelas, dan lain sebagainya. Karena dalam Islamnya semuanya sama, hanya keimanan dan ketakwaan saja yang membedakannya. “Saat itu kemuliaan manusia itu dilihat dari keimanan dan ketaqwaannya,” kata Adian.

Diakhir acara talkshow ini, Adian tak lupa memberikan pesan kepada para hadirin yang hadir. “Jadilah teladan yang baik dimanapun kita berada,” pungkas Adian.

You May Also Like