Gen Mempengaruhi Bagaimana Otak Anda Bereaksi Terhadap Informasi Emosional

pencitraan otak, variasi genetik

Bhataramedia.com – Menurut penelitian baru oleh ahli syaraf UBC, gen dapat mempengaruhi seberapa sensitif Anda menanggapi informasi emosional,. Penelitian yang baru-baru ini diterbitkan di Journal of Neuroscience, menemukan bahwa pembawa variasi genetik tertentu merasakan gambar positif dan negatif yang lebih jelas dan mengalami peningkatan aktivitas di daerah otak tertentu.

“Orang-orang benar-benar melihat dunia secara berbeda,” kata penulis Rebecca Todd, seorang profesor di Departemen Psikologi UBC. “Bagi orang-orang dengan variasi gen ini, hal-hal emosional yang relevan di dunia akan menjadi lebih menonjol,” lanjut Todd.

Gen yang dimaksud adalah ADRA2b, yang mempengaruhi neurotransmitter norepinefrin. Penelitian sebelumnya oleh Todd menemukan bahwa pembawa varian delesi gen ini menunjukkan perhatian yang lebih besar untuk kata-kata negatif. Penelitian terbarunya adalah yang pertama kali menggunakan pencitraan otak untuk mengetahui bagaimana gen mempengaruhi cara orang-orang melihat dengan jelas dunia di sekitar mereka dan hasilnya ternyata mengejutkan.

“Dari penelitian kami sebelumnya, kami berpikir bahwa orang-orang dengan penghapusan varian gen ini, kemungkinan akan menunjukkan peningkatan kejelasan emosional dan mereka bahkan melakukan lebih dari apa yang telah kami diprediksi,” kata Todd, yang memindai otak dari 39 peserta, 21 di antaranya adalah pembawa variasi genetik.

Pembawa variasi gen menunjukkan aktivitas yang lebih secara signifikan di daerah otak yang bertanggung jawab untuk mengatur emosi dan mengevaluasi kesenangan dan ancaman. Todd percaya hal ini kemungkinan membantu menjelaskan mengapa beberapa orang lebih rentan terhadap Posttraumatic stress disorder (PTSD) dan kenangan yang mengganggu setelah trauma.

“Emosi tidak hanya mengenai bagaimana perasaan tentang dunia, tetapi bagaimana otak kita mempengaruhi persepsi kita mengenai hal itu,” kata Adam Anderson, profesor human development di Cornell University dan penulis senior studi tersebut.

“Mengingat gen kita mempengaruhi bagaimana kita benar-benar melihat aspek positif dan negatif dari dunia kita lebih jelas, kita mungkin akan percaya bahwa dunia memiliki lebih banyak imbalan atau ancaman,” jelas Anderson, seperti dilansir University of British Columbia (07/05/2015).

Todd menunjukkan ada juga manfaat dari membawa varian gen tersebut. “Orang-orang yang memiliki penghapusan varian memiliki gambaran pada jaringan tambahan di otak mereka, penting untuk menghitung relevansi emosional dari hal-hal di dunia,” katanya. “Di dalam situasi di mana memperhatikan apa yang relevan di lingkungan merupakan hal yang penting, variasi gen ini akan menjadi positif,” ungkap Todd.

Todd mengatakan bahwa contoh utama dari pembawa variasi ini adalah novelis Perancis Marcel Proust. “Dia menggigit cookie Madeleine dan kemudian menulis tujuh jilid memoar. Dia mungkin secara emosional sensitif dan dia tentu kreatif,” katanya.

Peserta penelitian diminta untuk memperkirakan jumlah “suara”, atau pikselasi, yang diterapkan pada gambar yang memiliki konten emosional yang positif, negatif atau netral.

Dibandingkan dengan non-pembawa, pembawa gen varian delesi ADRA2b memperkirakan tingkat yang lebih rendah dari kebisingan pada gambar positif dan negatif, dibandingkan dengan gambar netral. Hal ini menunjukkan peningkatan emotionally enhanced vividness, atau EEV.

Pembawa variasi tersebut juga menunjukkan aktivitas otak yang secara signifikan lebih tinggi (mencerminkan EEV) di daerah kunci dari otak yang sensitif terhadap relevansi emosional.

Gen ADRA2b

Varian delesi ADRA2b muncul di berbagai tingkat di seluruh etnis yang berbeda. Meskipun sekitar 50 persen dari populasi Kaukasia yang telah dipelajari oleh para peneliti di Kanada membawa variasi genetik ini, variasi ini juga telah menjadi lazim ditemukan di etnis lainnya. Sebagai contoh, satu studi menemukan bahwa hanya 10 persen dari orang Rwanda membawa varian gen ADRA2b.

Penelitian lebih lanjut direncanakan untuk mengeksplorasi EEV di kelompok etnis lain, serta bagaimana ADRA2b mempengaruhi asosiasi emosional yang terkait dengan kecemasan, gangguan stres pasca-trauma dan kecanduan.

Referensi :

R. M. Todd, M. R. Ehlers, D. J. Muller, A. Robertson, D. J. Palombo, N. Freeman, B. Levine, A. K. Anderson. Neurogenetic Variations in Norepinephrine Availability Enhance Perceptual Vividness. Journal of Neuroscience, 2015; 35 (16): 6506 DOI: 10.1523/JNEUROSCI.4489-14.2015.

You May Also Like