Cara Memulai Bisnis Online Lewat Instagram

Cara Memulai Bisnis Online Lewat Instagram

Diposting pada

Bhataramedia.com – Bagi yang mempunyai bisnis atau usaha, tentunya tidak akan kesulitan lagi dalam memasarkan produk dan barang jualannya. Karena dengan kemajuan teknologi saat ini, untuk memulai bisnis saja sudah bisa dilakukan secara online melalui media sosial ataupun aplikasi lainnya yang memiliki fitur untuk menunjang sistem penjualan.

Salah satu media sosial yang paling mudah untuk dimanfaatkan dalam memulai sebuah bisnis online adalah Instagram. Pada dasarnya, aplikasi ini digunakan untuk membagikan postingan yang berisi foto dan video aktivitas ataupun kenangan kita, sehingga bisa juga disebut sebagai galeri online.

Namun sekarang sudah mulai beralih fungsi menjadi tempat untuk memulai bisnis online, dengan cara membagikan foto ataupun video yang berisikan produk dan keterangan detail produk itu sendiri. Ditambah dengan adanya fitur like dan komentar yang membuat para calon pembeli lebih mudah untuk berkonsultasi tentang produk yang kita pasarkan tadi.

Beberapa Cara Memulai Bisnis Online di Instagram

Meskipun menjalankan sebuah bisnis online nampaknya mudah, tapi kita juga tidak boleh terlalu menyepelekan trik atau cara – cara yang bertujuan untuk mengembangkan bisnis online yang akan kamu mulai. Seperti beberapa di bawah ini, cara untuk memulai bisnis online lewat Instagram:

Kualitas Foto Produk Harus Menarik

Pastikan saat memotong foto produk kamu sudah memilih foto yang paling bagus dan menarik. Bahkan jika memungkinkan, kamu bisa menggunakan kamera profesional untuk mengambil foto produk tersebut. Karena foto merupakan alat pemasaran yang paling penting saat berbisnis online.

Posting Foto Produk Secara Rutin

Kamu perlu mengunggah foto produk secara berkala yang bertujuan agar pembeli tahu bahwa toko kamu aktif. Sehingga calon pembeli juga tidak ragu untuk menanyakan seputar produk yang nantinya akan dia beli. Dan pastikan juga, kamu mencantumkan caption tentang produk secara detail.

Selalu Tingkatkan Jumlah Followers

Ini bertujuan untuk menyesuaikan dengan target konsumen yang telah kamu tentukan. Kamu bisa dengan follow terlebih dulu akun yang menurut kamu cocok dengan target komsumen kamu. Dan jangan pernah memprivate akun agar calon konsumen pun lebih mudah melihat produk kamu dan kembali follow akun kamu.

Berikan Diskon dan Promo

Ini salah satu opsi yang wajib kamu terapkan untuk dapat menarik konsumen. Terlebih untuk kamu yang baru memulai bisnis online, ini akan sangat berguna agar mereka mencoba dan mengetahui langsung kualitas dari produk yang kamu jual.

Gunakan Hashtag di Setiap Postingan

Beberapa calon konsumen mencari produk dengan menggunakan hashtag. Jadi, kamu perlu menambahkan hashtag pada setiap postingan agar konsumen juga lebih mudah menemukan produk kamu

Demikian beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam memulai bisnis online melalui Instagram. Selain cara tersebut, kamu juga harus tekun dan kreatif untuk mengembangkan bisni kamu tersebut. Dan yang paling penting, yakin dan jangan mudah menyerah. Semoga bermanfaat dan usaha yang akan ataupun sedang kamu jalankan semakin lancar.