Bukan Hanya Makan dan Minum, Puasa Juga Harus Memperhatikan Hal Ini

puasa
puasa
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Bagi umat muslim, bulan puasa adalah watkunya untuk mengumpulkan segala kebaikan. Semakin banyak godaan yang bisa ditangkis, maka semakin tinggi kualitas puasanya.

Secara syariat, puasa tidak hanya berbicara soal menahan lapar dan haus saja, melainkan juga menjaga diri untuk tidak berbuat hal yang merugikan orang lain. Terdengar mudah, namun aksinya sulit diterapkan. Berikut adalah godaan yang paling umum saat puasa. Apa saja yang harus diperhatikan, ini ulasannya.

Emosi

Emosi seseorang kadang sulit untuk dikendalikan. Jika sudah meledak, hancur sudah suasana hati. Inilah yang sulit dikontrol selama bulan puasa, terlebih mereka yang memiliki sifat pemarah. Berpuasa adalah waktunya kita untuk menjadi pribadi yang berwibawa, menjaga kehormatan, dan berusaha bersabar dalam setiap keadaan.

Kantuk

Saat bulan puasa, mengantuk jadi hal yang sulit untuk dihindari. Hal itu disebabkan karena metabolisme pada tubuh yang berubah. Rasa kantuk yang tak tertahankan juga timbul dikarenakan menurunnya kadar glukosa dalam darah yang membuat otak sulit berkonsentrasi.

Gosip

Gosip atau menyebarkan kabar burung bisa dikatakan jadi konsumsi masyarakat Indonesia sehari-hari. Baik di warung kopi, perkumupulan ibu-ibu, atau sekumpulan orang yang jumlahnya lebih dari dua orang, rasanya tidak sah untuk tidak membicarakan orang lain.
Hal ini yang harus dihindari dan menjadi godaan selama bulan puasa. Seperti yang telah tertulis dalam Alquran surah Al-Hujarat ayat 12, prasangka itu dosa, bisa menghilangkan pahala, dan sebaiknya hal itu dihindari.

You May Also Like