Mengenal Berbagai Fungsi Excel Bagi Pemula

Mengenal Berbagai Fungsi Excel Bagi Pemula

Bhataramedia.com — Mengenal Berbagai Fungsi Excel Bagi Pemula — Saat Anda diterima kerja di suatu instansi atau perusahaan, pastinya akan sedikit grogi dengan perkerjaan baru Anda. Ya, itu wajar, apalagi pada bagian administrasi atau pengolahan data. Pastinya tidak akan lepas dari komputer terutama program Microsoft Office Excel.

Jika Anda diharuskan untuk mengerjakan berbagai data dengan menggunakan Microsoft Office Excel dan Anda belum terbiasa, saat ini sudah banyak tutorialnya di internet. Selain itu, kita bisa memakai fasilitas Youtube jika masih kesulitan untuk mengoperasikan Excel atau kalau ada masalah di Ms Excel.

Orang terlalu beranggapan bahwa mengoperasikan Excel identik dengan pemakaian rumus-rumus yang rumit. Padahal jika kita paham, maka memakai Ms Excel justru akan sangat membantu pekerjaan kita, mempercepat pekerjaan tentunya.

Oleh karena itu kita harus belajar mengoperasikan Ms Excel dimulai mengenal fungsi Excel yang sering kali digunakan saat kita mengoperasikannya.

Fungsi Excel yang paling sering digunakan

Fungsi Excel yang sering dipakai antara lain:

1. Fungsi SUM

Fungsi ini adalah perintah untuk menjumlahkan angka atau data baik sedikit ataupun banyak. Cara menggunakannya yaitu dengan memasukan formula: =SUM(cell)

=SUM adalah formula untuk menjumlahkan data atau angka, sedangkan cell adalah angka yang mau kita jumlahkan.

Dengan perintah SUM ini kita bisa menjumlahkan data secara berurutan baik baris ataupun kolom tabel Excel. Apabila kita akan menjumlahkan angka secara acak maka kita bisa memasukan tanda “+” tanpa harus menggunakan perintah =SUM(cell).

2. Fungsi Average

Fungsi yang satu ini juga sering dipakai terutama di sekolah. Yup, para guru akan sering memakai fungsi AVERAGE ini karena bisa mengetahui nilai rata-rata siswa dalam satu kelasnya.

Syntagsnya yaitu: = AVERAGE(cell1:cell2).

AVERAGE adalah perintah untuk mencari nilai rata-rata. Sedangkan cell1 dan cell 2 yaitu data yang mau dicari nilai rata-ratanya.

3. Fungsi Lookup

Untuk fungsi Lookup saat ini lebih banyak dipakai HLOOKUP dan VLOOKUP. Fungsinya adalah untuk mencari nilai dari data tertentu pada tabel di Excel.

HLOOKUP untuk mencari data dari deret horisontal data pada baris. Sedangkan VLOOKUP adalah perintah untuk mencari data secara vertikal atau data pada kolom Excel.

Fungsi Excel di atas cukup banyak yang memakai. Namun yang paling banyak tentunya adalah Excel dipakai untuk menyelesaikan fungsi matematika. Seperti penjumlahan, rata-rata, pengurangan dll. Disamping itu Anda dapat menggunakan bantuan program Excel untuk melakukan perhitungan pajak, seperti perhitungan PPn dan PPh.

You May Also Like