Manfaat Website Sekolah dan Tips Membuatnya

Manfaat Website Sekolah dan Tips Membuatnya

Bhataramedia.comManfaat Website Sekolah dan Tips Membuatnya – Banyak orang yang mulai melirik website untuk berbagai keperluan, hal ini dikarenakan adanya penggunaan internet yang semakin intens. Salah satu website yang memiliki peranan penting saat ini adalah website sekolah, sebab bisa mempermudah dalam proses penyebaran informasi, belajar online hingga membantu memperlancar komunikasi antara guru dan murid maupun dengan para wali.

Terlebih ketika kita tengah berada dalam era pandemi Covid-19 sekarang ini, website pun menjadi media yang sangat penting. Sehingga mengharuskan sekolah yang belum memiliki website pun harus membuatnya, bahkan sudah ada penyedia jasa pembuatan website murah yang bisa kita manfaatkan. Nah, selain membahas manfaat website sekolah, kali ini kita juga akan membahas tips untuk membuatnya. Langsung saja ikuti ulasan selengkapnya berikut ini.

Beberapa Manfaat Website Sekolah

Adapun beberapa manfaat dari website sekolah adalah sebagai berikut ini:

1. Sebagai Sarana Branding

Hal ini sangat diperlukan supaya sekolah tetap bisa eksis dan mendapatkan citra yang lebih baik pada masyarakat. Dan dengan adanya website sekolah, kamu bisa menciptakan branding yang baik dengan hal – hal positif seperti daftar prestasi, visi – misi yang mungkin tak diketahui banyak orang hingga sistem pembelajaran yang telah menggunakan teknologi informasi.

2. Sebagai Sarana Informasi dan Komunikasi

Tak bisa kita pungkiri bahwa komunikasi menjadi lebih cepat dan informasi pun bisa kira terima dengan mudah karena adanya internet saat ini. Begitu pula dengan kondisi ratusan siswa dan walinya yang bisa dengan mudah mendapatkan informasi atas berbagai kebijakan sekolah melalui website.

3. Sebagai Sarana E-Learning atau Belajar Online

Seperti yang kita sebutkan sebelumnya bahwa kini kita tengah berada dalam era pandemi Covid-19 sehingga pemerintah menetapkan kebijakan untuk melakukan sekolah atau proses pembelajaran secara online. Adanya website sekolah tentunya bisa memudahkan para guru dalam memberikan pengumuman tugas atau bahkan pelajaran.

Tips Membuat Website Sekolah

Website sekolah telah menjadi media yang cukup krusial sebab bisa menjadi acuan para siswa dan orang tua dalam menerima kabar terbaru terkait aktivitas pembelajaran. Sehingga dengan begitu, pembuatan website sekolah dengan baik dan benar bisa sangatlah penting. Dan berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membuat website sekolah.

1. Persiapkan Hosting dan Nama Domain yang Tepat

Penggunaan hosting yang bagus bisa mempengaruhi kecepatan situs sedangkan nama domain yang tepat bisa membantu para pengunjung untuk mengingatnya. Sehingga pastikan kamu telah mempersiapkan hosting dan nama domain yang tepat.

2. Gunakan Template Website yang Menarik

Template pada website ibarat desain pada sebuah rumah, sehingga sangat penting untuk menambah kenyamanan para pengunjung website. Jadi pastikan juga kamu menggunakan template yang user friendly dan support mobile version untuk memaksimalkan website kamu. Jika kamu menggunakan jasa pembuatan website murah seperti situs weborbit.id, yang merupakan situs penyedia jasa pembuatan website professional dan terpercaya. Maka kamu juga akan mendapatkan beberapa pilihan template yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Tambahkan Fitur Pendukung

Teruntuk website sekolah, kamu bisa menambahkan fitur pendukung seperti profil sekolah, gallery multimedia, buku tamu online, kontak, member area, direktori dan blog untuk menampilkan informasi seputar program pendidikan, kurikulum, prestasi siswa dan pengumuman lainnya.

Nah, itulah manfaat dari website sekolah dan beberapa tips untuk membuatnya. Semoga dengan informasi ini bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk kamu yang sebelumnya tidak tahu mengenai website sekolah.

You May Also Like