Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Investasi Saham

Investasi Saham

Bhataramedia.com – Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Investasi Saham. Tentunya di zaman yang semakin maju ini kita semakin sering mendengar dengan yang namanya saham. Dengan semakin mudahnya kita untuk mendapatkan informasi, beberapa dari kita pun menjadi tertarik dengan saham. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui jika ingin memulai melakukan investasi saham.

Saham sendiri merupakan sebuah bukti kepemilikan seseorang menjadi bagian menjadi pemilik sebuah perusahaan. Jadi sederhananya jika anda melakukan pembelian saham ke sebuah perusahaan, secara tidak langsung anda sudah menjadi bagian dari pemilik perusahaan tersebut.

Jenis Jenis Saham

Dari Anda mungkin ada yang belum tahu, bentuk dari investasi saham itu seperti apa. Sebelum membahas tentang hal dasar yang harus diperhatikan baiknya coba kita kenali jenisnya sebagai berikut.

  1. Saham Biasa, yaitu jenis saham yang memberikan hak prioritas kepada pemilik saham dalam pengambilan keputusan.
  2. Saham Preferen, yaitu jenis saham yang tidak memberikan hak kepada pemilik saham untuk menjadi bagian prioritas dalam pengambilan keputusan.

Hal yang harus diperhatikan dalam Investasi saham

Investasi Saham
Investasi Saham

Jika anda belum pernah melakukan pembelian saham, atau bisa kita sebut sebagai pemula. Maka ada hal yang harus anda ketahui dulu sebagai pemula sebelum melakukan pembelian saham sebuah perusahaan.

  1. Pahami Profil Risiko

Jika kita artikan secara bahasa resiko sendiri merupakan sesuatu yang merugikan atau membahayakan kita. Dalam hal ini berarti sesuatu hal yang mengancam saham anda di sebuah perusahaan. Jadi profil risiko adalah gambaran diri kita sendiri dalam menghadapi resiko yang terjadi dalam investasi.

Kesiapan kita untuk menerima sebuah bahaya dalam melakukan pembelian saham harus kita ketahui terlebih dahulu. Jadi ketika kamu sudah mengetahui profil risiko kamu, kamu bisa menyesuaikan dengan perusahaan yang ingin kamu beli sahamnya.

  1. Mulai dari produk yang sering kita gunakan

Mengapa membeli saham perusahaan yang produknya selalu kita gunakan baik untuk pemula ? Hal ini lebih ke ketertarikan kita sendiri ke produk tersebut. Karena kita menggunakan produk tersebut kita lebih tertarik untuk mempelajari mengenai perusahaan yang produknya kita gunakan tersebut.

  1. Pelajari Laporan Keuangan secara sederhana

Setelah anda  meyakinkan diri untuk menginvestasikan  uang ke pembelian saham perusahaan. Hal selanjutnya yang harus anda ketahui adalah laporan keuangan dari perusahaan yang anda ingin beli sahamnya.

Tujuan mempelajari laporan keuangan perusahaan sendiri adalah untuk mengetahui  saham perusahaan tersebut baik untuk kita beli. Ada beberapa hal sederhana yang dapat anda lakukan dalam mempelajari laporan keuangan suatu perusahaan :

  • Laba bersih terus bertumbuh tiap tahunnya.
  • Hutang perusahaan relatif kecil
  • Uang masuk lebih besar dari pada uang keluar

Hal itu adalah hal dasar yang harus anda ketahui ketika ingin mempelajari laporan keuangan perusahaan sebagai pemula. Untuk melihat laporan keuangan dari sebuah perusahaan anda  bisa  mendapatkannya melalui situs idx.co.id. Situs tersebut adalah situs resmi dari otoritas jasa keuangan yang dapat anda percayai kebenarannya.

Saat ini kita semua mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelian saham dengan mudah karena karena harga saham sudah relatif murah. Jika sudah memiliki penghasilan dan bisa menabung tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba untuk menginvestasikan uang yang anda miliki ke saham perusahaan.

Namun, sebelum menggunakan uang yang anda miliki untuk melakukan pembelian saham. Anda wajib mengetahui hal yang harus diperhatikan dalam Investasi saham. Agar uang yang anda investasikan tidak menjadi terbuang sia-sia.

You May Also Like