Beberapa Hal yang Dapat Menyebabkan Pemborosan Listrik

Beberapa Hal yang Dapat Menyebabkan Pemborosan Listrik

Bhataramedia.com Beberapa Hal yang Dapat Menyebabkan Pemborosan Listrik. Penghematan listrik sangat penting, karena selain untuk menjaga lingkungan, hal ini juga dapat meminimalisir pengeluaran kita untuk tiap bulannya. Bahkan ada pepatah yang mengatakan hemat pangkal kaya, sehingga kita perlu lebih memperhatikan pemakaian listrik yang memang merupakan kebutuhan sehari – hari kita.

Namun terkadang, meskipun rasanya kita sudah melakukan penghematan listrik, hasilnya tetap sama saat melihat tagihan listrik akhir bulan. Bagaimana bisa seperti itu? Sebenarnya ada beberapa hal atau kebiasaan yang tidak kita sadari dan menjadi penyebab pemborosan listirik. Sehingga saat kita merasa sudah melakukan penghematan, tapi saat melakukan pembayaran tetap saja hasilnya sama.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita mesti mengetahui apa saja hal yang dapat menyebabkan pemborosan listrik. Dan berikut ulasan lebih lanjut mengenai hal yang mungkin jadi penyebab borosnya listrik di rumah kamu.

Hal yang Menyebabkan Pemborosan Listrik

Beberapa hal atau kebiasaan yang kita anggap sepele, bisa jadi adalah salah satu penyebab dari borosnya penggunaan dan tingginya tagihan listrik untuk tiap bulan. Jika kamu ingin melakukan penghematan dan mengetahui apa saja hal atau kebiasaan yang dapat menyebabkan pemborosan listrik, berikut ada beberapa di antaranya:

  1. Lupa Mematikan Peralatan Eletronik

Saat menggunakan peralatan elektronik seperti TV, kipas angin, AC dan lainnya, kita perlu mematikkannya jika memang sudah tidak menggunakan atau tidak ada orang lagi di ruangan tersebut. Karena hal ini adalah salah satu penyebab borosnya listrik.

  1. Hidupnya Lampu di Siang Hari

Penggunaan lampu di siang hari adalah salah satu penyeba borosnya listrik. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan untuk menghidupkan lampu pada siang hari terlebih pada luar ruangan seperti lampu garasi, lampu taman maupun lampu teras.

  1. Penggunaan Dispenser Panas Dingin

Dispenser ini mengandalkan motor listrik dan elemen pemanas sehingga mampu menghabiskan ribuan watt sekaligus. Tentunya hal ini menjadi salah satu penyebab borosnya listrik di rumah kamu.

  1. Menggunakan Setrika Dengan Suhu Tinggi

Saat menyetrika baju, ada baiknya kamu menyesuaikan dengan kebutuhan saja tanpa menggunakan suhu yang terlalu tinggi. Karena hal ini pula yang menjadi salah satu penyebab pemborosan listrik, terlebih jika saat menyetrika kamu menggunakan kabel sambung yang tentunya memakan banyak watt.

  1. Sering Menggunakan Hair Dryer

Hal yang biasanya dilakukan oleh para wanita ini, nyatanya mampu menghabiskan setidaknya 1000 watt untuk sekali pemakaian. Sehingga ada baiknya untuk tidak terlalu sering menggunakan salah satu alat yang menjadi penyebab pemborosan listrik ini.

Kesimpulan

Meskipun kita sudah mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab dari borosnya listrik, namun tidak bisa kita pungkiri hal tersebut tidak akan berguna jika kita tidak berusaha untuk merubah kebiasaan sehari – hari. Oleh karena itu, kita harus merubah dan mengurangi penggunaan alat elektronik yang sekiranya mampu untuk menghemat listrik dan meminimalisir pengeluran kita.

You May Also Like