Pengertian Dari Demokrasi Rakyat

Pengertian Dari Demokrasi Rakyat

Bhataramedia.comPengertian Dari Demokrasi Rakyat. Pastinya kita pernah bahkan sering melihat ataupun membaca sebuah berita mengenai aksi unjuk rasa mahasiswa atau kelompok organisasi lainnya, bukan? Itu merupakan salah satu bentuk demokrasi yang memiliki tujuan untuk meluapkan aspirasi rakyat mengenai permasalahan yang sedang terjadi pada negaranya.

Berbicara mengenai demokrasi, tentunya kita sudah tahu bahwa demokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dan memang banyak negara – negara yang memegang paham demokrasi rakyat. Lalu apa yang dimaksud dengan demokrasi rakyat? Berikut penjelasannya.

Arti Dari Demokrasi

Secara umum, demokrasi memiliki pengertian sebagai bentuk pemerintahan yang memberikan kebebasan bagi seluruh rakyatnya untuk ikut memberikan suara dan aspirasinya dalam penyelengaraan pemerintahan. Demokrasi sendiri adalah gabungan dua kata Bahasa Yunani yakni “Demos” yang artinya rakyat dan “Kratos” yang artinya pemerintahan.

Dan secara substantif, demokrasi memiliki dua prinsip utama, yakni;

  • Kebebasan atau Persamaan, yang merupakan dasr demokrasi yang kuat. Kebebasan merupakan sarana untuk mencapai kemajuan dan hasil yang maksimal sedangkan persamaan adalah sarana untuk mencapai kemajuan pada setiap orang.
  • Kedaulatan Rakyat, ini yang mengartikan segala kedaulatan berada pada kehendak dan untuk kepentingan rakyat.

Demokrasi Rakyat

Dengan demikian, tentunya demokrasi rakyat memiliki artian sebagai sistem pemerintahan yang segalanya berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, sehingga segala kebijakan yang akan diambil dan dijalankan pun haruslah mampu memberikan dampak signifikan bagi semua kalangan rakyat. Jika sudah seperti itu, tentunya tidaklah berbeda pengertian dari demokrasi dan demokrasi rakyat karena keduanya memiliki pengertian sebagai sistem pemerintahan yang berada ditangan rakyat.

Ciri – Ciri dari Demokrasi Rakyat

Demokrasi rakyat juga memiliki beberapa ciri – ciri yang dapat kita kenali. Dan berikut ciri – ciri dari demokrasi rakyat di Indonesia:

  • Rakyat dapat jaminan kebebasan dan kemerdekaan untuk beroposisi dan berkumpul.
  • Seluruh rakyat wajib memiliki perlakuan dan kedudukan yang sama dalam hukum.
  • Rakyat mendapatkan jaminan HAM.
  • Rakyat terbebaskan dari keterikatan kepemilikan pribaditanpa adanya paksaan dan penindasan.
  • Tidak adanya kelas sosial yang membeda – bedakan rakyat.

Itulah sedikit penjelasan mengenai demokrasi rakyat yang tentunya wajib kita ketahui sebagai rakyat yang hidup pada negara yang menganut sistem demokrasi. Semoga bermanfaat dan membuat kita semua semakin memahami arti dari demokrasi.

You May Also Like