7 Hasil Kebudayaan Megalitikum

7 Hasil Kebudayaan Megalitikum

Bhataramedia.com7 Hasil Kebudayaan Megalitikum. Jauh dari zaman modern saat ini, manusia dulunya pernah mengalami zaman batu. Sehingga tidak heran, jika kita sering mendengar dan mengetahui bahwa peralatan yang digunakan oleh orang jaman dahulu terbuat dari batu, meskipun ada juga peralatan yang terbuat dari tulang, bambu hingga kayu. Zaman batu sendiri lebih dikenal dengan zaman megalitikum. Dan, apakah kamu tahu apa saja hasil kebudayaan yang ada pada zaman megalitikum itu? Berikut ulasannya.

Zaman Megalitikum

Zaman megalitikum adalah gabungan dari kata “Mega” yang berarti besar dan “Lithos” yang berarti batu sehingga dapat disebut juga dengan zaman batu besar. Semua peralatan sehari – hari manusia pada zaman untuk menggunakan batu dengan ukuran besar. Bahkan banyak sekali peninggalan pada zaman itu yang terbuat dari batu seperti kapak batu, rumah batu dan lainnya.

Ciri – Ciri Zaman Megalitikum

Zaman ini juga memiliki ciri yang dapat kita kenali, yakni:

  • Berkembang pada zaman neolitikum hingga zaman perunggu.
  • Manusia saat itu sudah bisa membuat dan meninggalkan hasil kebudayaannya yang terbuat dari batu besar.
  • Manusia saat itu juga sudah mengenal kepercayaan animisme.

Hasil Kebudayaan Megalitikum

Berikut adalah beberapa hasil kebudayaan yang ada pada zaman megalitikum:

1. Dolmen

Merupakan meja yang terbuat dari batu besar untuk meletakkan sesaji untuk roh nenek moyang dan pada bagian bawahnya ada kubur batu. Hasil kebudayaan ini terkenal dengan pandhusa dan banyak temukan pada daaerah Besuki, Jawa Timur.

2. Punden Berundak

Merupakan hasil kebudayaan dalam bentuk bangunan yang bertingkat serta memiliki fungsi sebagai tempat pemujaan roh nenek moyang dan biasanya tersusun menjadi tiga tingkat yang tiap tingkatnya mempunyai makna. Biasanya punden berundak ini ditemukan pada daerah Lebak Sibedug (Banten Selatan), Kuningan (Jawa Barat), Leles (Garut).

3. Menhir

Campuran dari kata “men” yang berarti batu dan “hir” yang berarti batu panjang, hasil kebudayaan ini merupakan bangunan dalam bentuk tugu batu yang penggunaannya dalam upacara menghormati roh nenek moyang. Menhir ada pada daerah Pasemah (Sumatera Selatan), Kalimantan serta Sulawesi Tengah.

4. Sarkofagus

Merupakan peti kubur yang terbuat dari batu yang pada ujung wadah dan tutupnya terdapat tonjolan. Sarkofagus memiliki fungsi sebagai peti mayat sehingga saat ditemukan, isinya terdapat tulang manusia, beliung persegi hingga perhiasan dari besi dan perunggu. Hasil kebudayaan ini dapat ditemukan pada daerah Bali dan Bondowoso, Jawa Timur.

5. Arca atau Patung

Adalah batu besar yang berbentuk seperti hewan maupun manusia dalam melambangkan nenek moyang. Patung ini juga memiliki fungsi sebagai tempat pemujaan yang ada pada Sulawesi Selatan dan Sumatera Selatan.

6. Waruga

Dalam bahasa Minahasa, waruga berasal dari dua kata yakni “Waru” yang berarti rumah dan “Ruga” yang berarti badan. Sehingga merupakan sebagai sebuah makan peninggalan leluhur Minahasa. Hasil kebudayaan ini dapat kamu temukan pada daerah Minahasa yakni Sulawesi Utara.

7. Kubur Batu

Hampir sama dengan waruga, yang terbuat dari batu dan berfungsi untuk menyimpan jenazah. Banyak ditemukan pada daerah Bali, Pasemah (Sumatera Selatan) hingga Cirebon (Jawa Barat).

Itulah ulasan singkat mengenai megalitikum beserta 7 hasil kebudayaannya. Semoga bermanfaat dan dapat menambah informasi untuk kita semua.

You May Also Like