10 Komponen Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran

10 Komponen Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran

Diposting pada

Bhataramedia.com10 Komponen Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran. Proses pembelajaran akan berjalan dengan lancer apabila kita iringi perencanaan yang matang, karena pembelajaran merupakan tujuan dari pendidikan dalam membentuk tingkah laku siswa hingga guru yang baik akan berusaha untuk mewujudkan pembelajaran yang berhasil. Keberhasilan itu akan dapat dengan perencanaan yang sudah terencana sebelumnya agar seorang guru dapat menentukan strategi yang akan mereka gunakan. Dan kali ini, kita akan membahas beberapa komponen yang digunakan dalam penyusunan perencanaan pembelajaran. Berikut ulasannya.

Pengertian dari Perencanaan Pembelajaran

Secara umum, perencanaan pembelajaran merupakan proses penetapan serta pemanfaatan sumber daya secara terpadu sehingga dapat menunjang kegiatan dan upaya yang akan berjalan secara efektif dan efisien. Perencanaan pembelajaran juga meliputi kegiatan perumusan tujuan untuk pencapaian kegiatan pembelajaran yang guru buat.

Dan perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi atau SK, kompetensi dasar atau KD, tujuan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi dan lainnya.

Komponen Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran

Adapun komponen dalam menyusun perencanaan pembelajaran terdiri dari beberapa berikut ini:

1. Identitas Mata Pelajaran

Komponen ini meliputi satuan pendidikan, kelas, semester, program studi, mata pelajaran dan jumlah pertemuan.

2. Standar Kompetensi

Komponen ini adalah kualifikasi kemampuan minimal dari peserta yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap serta keterampilan yang berharap mampu tercapai pada setiap kelas dan semester untuk semua mata pelajaran.

3. Kompetensi Dasar

Sejumlah kemampuan yang harus miliki oleh peserta pada mata pelajaran tertentu yang nantinya menjadikan sebagai rujukan dalam penyusunan indikator kompetensi.

4. Indikator Pencapaian Kompetensi

Perilaku yang dapat diukur dan observasi untuk menunjukkan pencapaian kompetensi dasar yang akan menjadi acuan penilaian pada suatu mata pelajaran.

5. Tujuan Pembelajaran

Penggambaran proses dan hasil belajar yang harapan dapat tercapai oleh peserta dengan menyesuaikan kompetensi dasar.

6. Materi Ajar

Berisikan fakta, prinsip, konsep serta prosedur relevan yang tertulis dan sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

7. Alokasi Waktu

Menyesuaikan keperluan dalam pencapaian kompetensi dasar dengan beban belajar.

8. Metode Pembelajaran

Komponen ini guru gunakan dalam mewujudkan suasana dan proses pembelajaran sehingga peserta bisa mencapai kompetensi dasar hingga seperangkat indikator yang telah ditetapkan.

9. Kegiatan Pembelajaran

Terdiri dari :

Pendahuluan, kegiatan awal pada suatu pertemuan pembelajaran yang dapat membangkitkan motivasi serta perhatian peserta didiknya.

Inti, proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar.

Penutup, kegiatan yang terlaksana dalam mengakhiri aktivitas pembelajaran.

10. Penilaian Hasil Belajar

Menyesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi yang mengacu standar penilaian.

Demikian komponen yang perlu dan harus kita terapkan dalam menyusun perencanaan pembelajaran. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan informasi bagi kita semua.

Referensi:

  • komponen menyusun pembelajaran