Demokrasi Perwakilan Dengan Sistem Referendum

Demokrasi Perwakilan Dengan Sistem Referendum

Bhataramedia.com – Ada beberapa jenis dari bentuk-bentuk demokrasi. Dan salah satu yang selalu kita dengar adalah Demokrasi Perwakilan Dengan Sistem Referendum. Namun apa maksud dari demokrasi perwakilan itu?

Seperti yang kita ketahui, kita berada di Indonesia yang menggunakan sistem pemerintahan demokrasi. Sistem ini sendiri merupakan suatu bentuk pemerintahan yang mana semua warga berkesempatan untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan kenegaraan.

Demokrasi ini suatu sistem yang memberikan kebebasan kepada rakyatnya untuk ikut berpartisipasi dalam pengambilan, pengembangan atau pun pembuatan hukum pada suatu negara.

Demokrasi memiliki beberapa bentuk. Dan yang akan kita bahas kali ini adalah Demokrasi Perwakilan Dengan Sistem Referendum.

Demokrasi Perwakilan Dengan Sistem Referendum

"<yoastmark

Kita sebagai warga negara harus selalu bergembira saat mengikuti pesta demokrasi yang sering ada dalam negara republik Indonesia kita ini. Namun, Sebagai warga negara yang berpendidikan. Sudah sepatutnya kita mengerti dan paham apa itu Demokrasi.

Dan juga sering kali kita mendengar kalimat seperti demokrasi perwakilan ini. Berikut penjelasannya. Demokrasi referendum adalah suatu demokrasi yang melibatkan rakyat secara langsung untuk memilih wakilnya untuk berada pada parlemen. Namun rakyat tetap bisa mengontrol perwakilan mereka yang berada dalam parlemen dengan sistem referendum.

Apa pula yang dimaksud referendum? Referendum sendiri merupakan suatu proses pelaksanaan pemerintahan yang secara langsung mendapat pengawasan dari rakyat. Jadi proses referendum adalah proses pemungutan suara dengan tujuan untuk mengetahui kehendak rakyat secara langsung.

Sistem referendum membolehkan rakyat untuk tetap bisa menyalurkan kehendaknya secara langsung dalam menunjuk perwakilan.

Dengan melaksanakan pemungutan suara rakyat, sistem referendum membagikan kebebasan terhadap rakyat secara merata dalam menunjuk wakil rakyat pilihannya. Jadi harapannya wakil rakyat yang menjadi pilihan pastinya yang terbaik sebab melewati proses pemilihan secara merata.

Kesimpulan

Demokrasi Perwakilan Dengan Sistem Referendum merupakan salah satu bentuk dari demokrasi berasarkan hubungan antar kelengkapan negara. Masih banyak lagi jenis dan bentuk demokrasi. Hampir semua jenis dan bentuk demokrasi tersebut dapat kita lihat pada negara kita ini. Akan tetapi belum semua pelaksanaan demokrasi dapat dilakukan dengan sempurna.

You May Also Like