Mengapa VOC Harus Mengusir Portugis dari Malaka
Mengapa VOC Harus Mengusir Portugis dari Malaka

Mengapa VOC Harus Mengusir Portugis dari Malaka

Diposting pada

Bhataramedia.com – Mengapa VOC Harus Mengusir Portugis dari Malaka – Dari tahun 1511 Portugis sudah menguasai kesultanan malaka. Sejak saat itu pula Portugis menjadikan malaka menjadi malaka sebagai markas dan basis dalam usaha mereka dalam menguasai rempah-rempah pada nusantara.

Akan tetapi, VOC datang dan mulai merebut kekuasaan Portugis yang berada pada malaka. Dan juga voc ingin merebut kendali perdagangan yang saat itu sedang portugis kuasai.

langkah VOC tersebut tampak mulai saat penaklukan benteng victoria milik portugis yang berada tepat pada ambon pada tahun 1605., sekaligus pendirian batavia pada daerah jakarta pada tahun 1619.

Mengapa VOC Harus Mengusir Portugis dari Malaka

"Mengapa

Kedua negara ini selalu berselisih dalam memperebutkan malaka. Mereka saling menjatuhkan satu sama lainnya. Hingga pada akhirnya, keberadaan benteng Portugis yang ada pada malaka, membuat pihak Portugis mengusasai jalur air. Dengan demikian portugis pun kembali menjadi ancaman VOC di Batavia.

Oleh karena itu, VOC selalu berusaha untuk menyingkitkan Portugis. Upaya pertama yang terjadi adalah saat VOC mengepung malaka pada tahun 1606 dengan membawa 16 kabal dari belanda. Namun, VOC masih saja kalah, karena Portugis memiliki kapal yang berjumlah 20 pada saat itu.

Yang mana pda saat itu armada VOC dengan pimpinan Admiral Cornelis Matelief de Jonge. dan untuk armada Portugis menang dengan pimpinan Martim Afonso de Castro.

setelah itu pada 2 Agustus 1640– 14 Januari1641, armada Belanda kembali mengepung Malaka, yang kesimpulannya jatuh ke tangan VOC. Dengan takluknya Malaka, posisi Batavia bagaikan pusat perdagangan yang semakin tidak tersaingi serta keuasaan VOC terus menjadi besar.

Kesimpulan

Penyebab VOC harus mengusir Portugis dari malaka adalah pada tahun tersebut, pasar perdagangan yang berada pada nusantara sudah sangat terkenal pada dunia international.

Oleh karena itu, sering terjadi transaksi perdagangan asing yang pada tanah air saat itu. Akan tetapi negara- negara asing itu melakukan transaksi perdagangan dengan cara yang jahat. Beberapa negara dengan sengaja membawa armada perang mereka ke indonesia hanya untuk melakukan transaksi perdagangan.

Oleh karena itu VOC sangat ingin mengusir Portugis dari malaka pada saat itu.