Cara Menjadikan Android Sebagai Remote Komputer

Menjadikan Android Sebagai Remote Komputer

Pada kemsempatan kali ini woiden akan membagikan Cara Menjadikan Android Sebagai Remote Komputer. Bagi kamu yang suka dengan hal unik bisa ikuti panduan dibawah ini.

Layaknya sebuah remote tv, android yang kamu gunakan saat ini bisa kamu sulap menjadi remote komputer kamu. Sehingga dengan jarak tertentu dan tanpa menyentuh keyboard ataupun mouse, kamu  sudah bisa mengontrol komputer kamu, hal ini juga bisa mempermudah kamu saat presentasi.

Dengan satu aplikasi, kamu sudah bisa mengoperasikan komputer, menjalankan program hanya dengan menyentuh layar smartphone kamu. Dan aplikasi ini bisa dengan mudah kamu unduh di playstore secara gratis.

Unified Remote adalah aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk menambah fungsi android kamu sebagai pengontrol komputer. Aplikasi ini hanya menggunakan koneksi Wifi untuk perantara smartphone dan komputer, berbeda dengan remote konvesional yang memerlukan Infra Red Blaster sehingga mudah mengalami gangguan saat terhalang benda lain.

Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur pendukung lainnya yang bisa kamu manfaatkan dengan mudah, karena aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menggantikan fungsi keyboard untuk mengetik, dan mouse untuk mengoperasikan suatu aplikasi yang ada di komputer kamu.

Cara Menjadikan Android Sebagai Remote Komputer

Perlu diingat, aplikasi ini mewajibkan komputer dan smartphone mendownload dan menginstall aplikasi ini terlebih dahulu, dan juga harus berada dalam koneksi wireless atau hotspot yang sama. Jadi, bagaimana cara menggunakan aplikasi ini? Berikut caranya.

  • Terlebih dahulu, kamu download dan install aplikasi Unified Remote di android dan komputer kamu. Kamu bisa temukan di unifiedremote.com untuk Laptop atau komputer PC dan untuk android kamu bisa download di playstore.
  • Lalu buka aplikasi Unified Remote di komputer kamu yang telah di install untuk mengaktifkan servernya, dengan klik kanan pada icon Unified di toolbar dan pilih “Start Server” seperti dibawah ini.

Membuat smartphone menjadi remote komputer

  • Setelah itu jalankan aplikasi Unified Remote android kamu. (aplikasi akan langsung terhubung jika android kamu terkoneksi pada wifi yang sama dengan laptop atau komputer PC kamu).
  • Untuk mengetahui bahwa android kamu sudah terhubung dengan PC kamu. Silahkan cek pada menu “Server“, jika ada muncul nama PC kamu berarti sudah terkoneksi. Seperti gambar dibawah ini :

Konfigurasi smartphone dengan komputer

  • Kembali ke menu awal dan pilih menu “Remote” seperti gambar dibawah ini :

menjadikan android sebagai remote

  • Kamu sudah bisa mengendalikan PC kamu dengan klik tombol mouse untuk menggerakkan kursor, kamu juga bisa meelihat data yang ada di PC kamu pada tombol “File Manager“.

Remote komputer menggunakan PC

  • TIdak hanya itu saja, kamu juga bisa mematikan atau merestart PC kamu menggunakan tombol power yang ada di menu ini.

Remote PC menggunakan smartphone

Di aplikasi Unified Remote ada fitur screen preview yang bisa menampakkan tampilan dari layar komputer kamu, jadi kamu bisa dengan leluasa mengoperasikan komputer karena tampilannya yang sama dengan layar komputer kamu.

Demikianlah postingan kali ini mengenai Cara Menjadikan Android Sebagai Remote Komputer, selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

You May Also Like