5 Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Pemula

5 Cara Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Pemula - Woiden

Bagi pengembang website atau mereka yang bergelut tidak jauh dari dunia website, maka kemungkinan besar mereka tidak asing lagi dengan sebutan nama web hosting. Hosting ini salah satu dari beberapa komponen yang paling penting untuk ditentukan sebelum seseorang hendak membuat sebuah website.

Hosting sendiri merupakan tempat penyimpanan data-data dari sebuah wesbite untuk ditampilkan. Data-data ini termasuk data atau file berupa data website, gambar, script website, aplikasi, email, database, dan beberapa lainnya. Ibaratnya sebuah gedung atau bangunan dari sebuah alamat. Ditempat inilah semua file website kita tersimpan dan nantinya dapat diakses oleh pengunjung situs kita.

Tidak heran mengapa hosting menjadi salah satu poin terpenting sebelum seseorang membuat sebuah website. Memilih sebuah hosting terbaik adalah langkah paling dianjurkan, selain menentukan nama atau alamat domain dari website. Ada beberapa penyedia layanan yang menawarkan berbagai paket hosting murah dengan spesifikasi yang bersaing satu sama lainnya.

Meskipun terkesan mudah untuk menyewa sebuah hosting, namun pada kenyataannya tidak begitu. Seseorang memang cukup dengan melakukan pelunasan biaya langganan untuk dapat memiliki sebuah hosting dalam durasi tertentu. Hanya saja setiap hosting yang ditawarakan oleh penyedia layanan, itu bisa saja berbeda-beda. Perbedaan spesifikasi inilah yang perlu dipertimbangkan sebelum hendak menyewa sebuah hosting.

Pastikan bahwa hosting yang Anda incar termasuk dan mencukupi kebutuhan penggunaaan Anda kedepannya. Lalu bagaimana cara memilih hosting yang tepat? berikut dibawah ini akan dijelaskan beberapa poin yang dapat Anda gunakan sebagai pertimbangan untuk memilih hosting terbaik untuk kebutuhan website Anda:

Biaya Langganan Terjangkau

Biaya Langganan Terjangkau - Woiden

Sudah menjadi hal umum bagi banyak orang untuk memilih berdasarkan harga atau biaya langganan yang harus dikeluarkan setiap bulan, semester, ataupun pertahunnya. Mendapatkan harga yang relatif terjangkau adalah salah satu hal penting dipertimbangkan, terlebih jika Anda adalah seorang pemula yang memang pada dasarnya belum pernah melakukan pembelian hosting sebelumnyanya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa memang biaya langganan dari sebuah hosting bisa saja naik setiap tahunnya. Maka Inflasi yang berlaku, tentu bisa berpengaruh pada biaya dari masing-masing hosting. Selain itu penentu biaya hosting adalah spesifikasi dari penyimpanan yang ditawarkan.

Jika memungkinkan, Anda bisa membandingkan beberapa hosting sekaligus berdasarkan harga sebagai patokan utama, kemudian membandingkan kapasitas penyimpanan yang disediakan. Sejauh ini Hosting Unlimited adalah yang paling banyak dicari. Unlimited dalam artian adalah bebas seberapa pun kapasitas penyimpanan, Bandwidth, Database, dan spek lainnya. Jika Anda bisa mendapatkan spesifikasi ini dengan harga yang terjangkau, maka bisa Anda list sebagai salah satu pertimbangan. Meskipun bukan berarti pilihan ini yang terbaik.

Pusat Bantuan Terjamin

Pusat Bantuan Terjamin - Woiden

Tidak menutup kemungkinan ada beberapa kesalahan atau error dari website yang Anda miliki setelah beberapa lama website Anda tayang. Sebagai orang awam atau pemula, tentu Anda tidak ingin bingung sendiri ataupun mengeluarkan biaya tambahan untuk mencari solusi dari masalah yang terjadi.

Maka hal penting lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah layanan customer service atau pusat bantuan. Beberapa layanan hosting mendukung untuk pusat bantuan selama 24 jam setiap harinya. Anda bisa mempertimbangkan hal ini untuk menjamin kenyamanan dan keamanan website Anda kedepannya. Pusat layanan tidak hanya berupa panggilan telepon, namun juga termasuk bantuan melalui email, tiket layanan, chat online, dan beberapa lainnya.

Performa Server Hosting

Perfoma Server Hosting - Woiden

Selain harga yang murah, tentu pertimbangan yang tidak kalah mutakhir adalah performa dari server hosting Anda. Pastikan bahwa hosting yang menjadi rujukan Anda memberikan performa yang optimal ketika diakses oleh seluruh penjuru.

Umumnya penyedia layanan hosting memberika opsi lokasi server sebagai acuan distribusi data file website Anda. Ini juga berpengaruh pada seberapa cepat pengunjung website Anda dapat memuat halaman website Anda. Selain itu, sebaiknya memilih penyimpanan data SSD Storage, sebab penyimpanan jenis ini diklaim lebih mampu mendistribusikan data lebih cepat dan lebih modern.

Kelengkapan Fitur

Kelengkapan Fitur Hosting - Woiden

Jangka terlena dengan biaya yang murah dan spesifikasi unlimited yang disediakan. Anda tentu tidak ingin mengerjakan semua website Anda secara manual sendiri. Kelengkapan fitur yang tersedia bisa membantu Anda untuk mudah dan efisien dalam menerapkan beberapa fungsi yang ingin Anda tambahkan ke fungsi website Anda.

Kelengkapan fitur ini tidak hanya berdasarkan fitur dalam layanan hosting, namun juga termasuk panel control layanan hosting Anda. Sebut saja seperti CPanel. Seberapa lengkap fitur yang tersedia dalam pusat kontrol hosting Anda, maka semakin menguntung bagi Anda. Kelengkapan fitur ini juga dapat langsung dilihat melalui akun demo yang biasanya ditawarkan masing-masing penyedia hosting.

Testimoni Pelanggan

Contoh Testimoni Hosting - Woiden

Testimoni pelanggan tidak hanya berlaku pada penjualan barang fisik secara online atau online shop. Namun pada pengambilan keputusan memilih hosting terbaik untuk sebuah situs atau website juga penting. Reputasi yang baik dari penyedia layanan adalah nilai lebih yang bisa menjadi jaminan bahwa hosting tersebut memang benar-benar memberikan pelayanan yang terbaik.

Begitu pula sebaliknya, jika penyedia layanan lebih mengindikasikan reputasi buruk. Namun jangan terlena oleh testimoni yang tertera. Beberapa penyedia layanan mungkin masih baru berdiri. Maka ini juga bisa menjadi pertimbangan berat untuk Anda dalam memilih.

Kurang lebih itulah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan ketika Anda hendak memilih hosting dari sebuah website Anda nantinya. Pada dasarnya ada beberapa tips lainnya yang bisa menjadi patokan, namun mungkin tidak dapat dijabarkan secara detail hanya melalui satu halaman artikel saja. Maka jika ada satu hal yang mengganjal ingin ditanyakan. Silahkan ajukan melalui kolom komentar yang tersedia.

You May Also Like