3 Cara Download Foto dan Video Dari Instagram

Diposting pada

Instagram saat ini hanya menerapkan durasi maksimal hingga 1 menit untuk sebuah video, namun dengan durasi sesingkat ini masih banyak dari mereka pengguna instagram yang tertarik untuk menyimpan video tertentu dari instagram ke penyimpanan memori smartphone mereka. Tidak lain ini karena banyaknya konten-konten menarik yang kian diterbitkan oleh content creator melalui layanan sosial media IG ini.

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin menyimpan video atau foto dari instagram ke hp mereka. Namun untuk melakukanya Anda bisa dengan mudah dan cepat seperti yang dijelaskan pada ke 3 cara download foto dan video dari instagram dibawah ini.

Mencari Dari File Manager Smartphone Android

Bagi Anda pengguna Android dan telah melakukan rooting. Anda benar-benar tidak perlu lagi menggunakan aplikasi apapun yang Anda install. Selama Anda memiliki perangkat yang telah di rooting dan memiliki akses untuk membuka folder rooting. Anda bisa mencari file yang telah Anda lihat dari instagram untuk Anda simpan ke memory smartphone Anda.

Anda bisa menggunakan aplikasi seperti File Explorer, Root Explorer, atau ES File Explorer yang bisa Anda unduh secara gratis melalui Google Play Store. Setelah Anda memiliki aplikasi file explorer ini. Anda hanya perlu mencari foto dan video yang ingin Anda simpan dari Sosial media Instagram. Kemudian tampilan foto dan video seperti biasa ketika Anda melihat postingan teman Anda di instagram. Nah foto atau video yang telah Anda lihat ini dasarnya akan tersimpan sementara di penyimpan internal system smartphone Anda. Namun sayangnya tidak akan tampil di gallery smartphone karena hanya berupa cache yang akan terhapus di waktu tertentu.

Jadi setelah Anda melihat video yang Anda tuju di instagram. Cukup buka aplikasi file manager di Smartphone Anda, kemudian arahkan ke folder berikut ini:

Data -> com.instagram.android -> Cache -> Video

Nah di folder inilah semua file video yang tersimpan sementara dari semua konten video yang telah Anda lihat di sosial media ig. Jadi cukup mencari file yang Anda tuju, kemudian copy atau pindahkan ke penyimpan SD Card atau memory perangkat smartphone Anda. Video ini memiliki format .MP4. Jadi cukup mencari file yang memiliki format tersebut.

Menggunakan Aplikasi Instagram Videos Downloader

Ada beberapa aplikasi yang memungkinkan Anda untuh mendownload langsung atau tidak langsung video di instagram yang Anda inginkan. Caranyapun beragam, dimana beberapa mengharuskan Anda untuk menyalin url dari post yang Anda tuju, dan beberapa juga menggunakan fitur tombol langsung.

Jadi cukup mendownload salah satu aplikasi video downloader di google play store atau app store. Salah satunya seperti aplikasi berikut ini:

Android: https://woiden.com/go/0mBdzK
iPhone: https://woiden.com/go/R98gwT

Kemudian buka aplikasi instagram, dan copy url post tersebut dengan cara klik tombol menu ikon “tiga titik” -> “Share”. Lalu pilih aplikasi downloader yang Anda install sebelumnya.

Simpan Foto dan Video Instagram Dari Situs Web

Jika Anda mengakses instagram dari situs instagram.com atau dari web browser komputer. Maka Anda bisa mengunduh foto, gambar atau video dari instagram dengan mudah. Dimana Anda hanya perlu menyalin url/link dari postingan instagram yang Anda inginkan kemudian salin ke kolom situs ig downloader berikut ini:

  • http://postgraber.com
  • https://www.dredown.com/

Anda juga bisa mengunduh langsung foto atau video instagram jika dengan mencari url dari konten yang Anda tuju. Caranya dengan membuka postingan instagram yang Anda tuju, kemudian Inspect Element atau tekan “Ctrl” + “U” dari keyboard. Kemudian cari url/link dengan format akhiran .Mp4 untuk video dan PNG/JPEG untuk foto/gambar.

Kemudian salin url/link konten ini ke jendela atau tab baru di browser. Ini akan memuat langsung konten video atau foto yang Anda inginkan. Dan cukup klik kanan “Save as”. dari layar komputer Anda.

Kesimpulan

Itulah ketiga cara yang paling mudah dan umum dilakukan oleh kebanyakan orang ketika ingin menyimpan video dari instagram dengan mudah dan cepat secara gratis. Jika ada yang kurang dalam penulisan atau ada sesuatu poin yang ingin ditambahan, silahkan untuk tinggalkan jejak itu melalui kolom komentar yang disediakan.