Sekolah Gratis Untuk Anak Jalanan Di Kota Bandung

anak jalanan, pemulung

Bhataramedia.com – Ridwan Kamil, Walikota Bandung pada malam hari melakukan razia pengemis dan anak jalanan yang biasanya beroperasi di sejumlah tempat. Razia ini didukung oleh Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Sosial ini dilancarkan di kawasan Terminal Leuwi Panjang, kawasan Tegalega dan Jalan Otista. Dalam razia itu berhasil didapatkan 30 anak jalanan dan pengemis. Parahnya diantara mereka terdapat anak jalanan di bawah umur yang tengah mengamen di terminal dan persimpangan jalan.

Mereka kemudian dibawa ke rumah dinas Walikota Bandung dan menyuruhnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dalam kesempatan ini Ridwan Kamil berjanji akan memberikan pendidikan gratis kepada seluruh anak jalanan. Sedangkan para pengemis dan gelandangan akan dimasukkan ke rumah singgah guna mendapatkan rehabilitasi dan mendapatkan pekerjaan.

Ridwan Kamil memang menekankan akan secara rutin melakukan razia tersebut supaya Kota Bandung terbebas dari keberadaan anak jalanan dan pengemis. Kegiatan ini sebenarnya memiliki tujuan kemanusiaan. Untuk anak usia sekolah akan mendapatkan pendidikan gratis dan bagi yang sudah berusia lanjut akan mendapatkan pekerjaan yang layak, sehingga tidak perlu lagi mengamen atau mengemis di terminal atau jalanan. Ungkapan ini diberikan oleh Ridwan Kamil kepada media seperti dilansir viva.co.id (4/11/14).

Saat ini Walikota Bandung telah meluncurkan Peraturan Daerah atau Perda mengenai larangan masyarakat dan wisatawan untuk memberikan uang untuk pengamen dan pengemis dimanapun tempatnya. Hukuman berupa denda sebanyak satu juta rupiah juga diberikan kepada mereka yang melakukan pelanggaran kebijakan tersebut.

Untuk mengurangi dan menghilangkan sama sekali populasi pengemis, anak jalanan dan gelandangan di kawasan Kota Bandung telah ditempatkan petugas Satpol Polisi Pamong Praja di sejumlah tempat. Saat ini terdeteksi sebanyak 15 titik tempat rawan yang seringkali dijadikan tempat mangkal para pengemis, anak jalanan dan gelandangan. Penjagaan ketat ini diharapkan benar-benar efektif menanggulangi meningkatnya jumlah populasinya. Apalagi dengan kebijakan Walikota yang akan memberikan fasilitas sekolah gratis kepada semua anak jalanan, tentunya bisa sangat ampuh memutus mata rantai keberadaan anak jalanan.

You May Also Like