Anak Usia 2 Tahun Tidak Boleh Menggunakan Masker!

Anak Usia 2 Tahun Tidak Boleh Menggunakan Masker!

Bhataramedia.com – Pemerintah kita sudah menganjurkan melakukan kegiatan seperti biasanya (New Normal), dengan catatan wajib menggunakan masker dan tetap jaga jarak. Namun, tahukah kamu? Anak Usia 2 Tahun Tidak Boleh Menggunakan Masker! Kenapa?

Dokter spesialis anak, Yogi Prawira menyatakan, sesuai rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Memakai masker untuk anak usia 2 tahun ke bawah tidak dianjurkan.

Anak yang masih berusia 2 tahun ke bawah disarankan untuk tetap di rumah saja, terutama jika di daerahnya tingkat penularan covid masih tinggi.

Beberapa alasan kenapa anak usia 2 tahun kebawah tidak dianjurkan menggunakan masker.

Mengganggu Pernafasan

Menggunakan masker untuk anak kecul meningkatkan risiko tersedak. Masker juga bisa mengganggu pernafasan untuk anak kecil, belum lagi mereka belum bisa mengungkapkan jika mereka menggunakan masker tersebut mengganggu atau tidak nyaman bagi mereka.

Bayi Menggunakan Kereta Dorong Dengan Penutup

Untuk bayi disarankan menggunakan kereta dorong yang transparan saat sedang berpergian dengan orang tuanya. Dengan begitu agar bisa terhindar dari penularan Covid-19.

Saluran udara bayi lebih kecil, jika menggunakan masker akan mempersulit pernafasan mereka, jika itu terjadi, bayi tidak bisa melepaskan sendiri maskernya dan akan ini menyebabkan bayi lemas atau bahkan bisa meninggal.

Penggunaan Face Shield Pada Bayi Juga Tidak Disarankan

Pemakaian face shield pada bayi akan menghalang keluar masuknya oksigen. Meskipun cukup longgar, tetap saja berisiko halangan keluar masuknya udara. Bayi Sangat mengandalkan pertukaran oksigen melalui paru-parunya.

Hal Yang Harus Dilakukan Orang Tua Untuk Bayinya

Untuk orang tua yang memiliki bayi masih kecil, tetaplah mematuhi protokol kesehatan, selalu menggunakan masker dan cuci tangan setelah selesai melakukan aktivitas. Jangan memegang wajah bayi sebelum mencuci tangan dengan bersih.

Anak Berusia 12 Tahun ke Atas

Anak yang umurnya sudah 12 tahun ke atas diwajibkan menggunakan masker seperti orang dewasa, menjaga jarak dan cuci tangan setelah aktivitas. Sedangkan anak usia 6-11 tahun harus menggunakan masker dengan prosedur berbasis risiko.

Demikian beberapa informasi tentang penggunaan masker, terutama untuk anak-anak. Semoga informasi ini bemanfaat bagi semua orang yang memiliki anak-anak.

You May Also Like