Cara Mengecek No Hp yang Menggunakan NIK Kita

yang Menggunakan NIK Kita

BHATARAMEDIA.COM – Cara Mengecek No Hp yang Menggunakan NIK Kita Untuk menjalankan panggilan telepon, mengirim pesan melalui SMS ataupun melakukan browsing internet. Ponsel yang kamu gunakan terlebih dahulu harus memiliki kartu yang sudah teregistrasi. Jika kartu berada dalam masa tenggang yang sudah habis dan tidak mengisi ulang pulsanya, maka nomor pada kartu tersebut tidak dapat kamu gunakan atau hangus.

Pemerintah juga sudah menetapkan, untuk sim card atau kartu prabayar harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Dengan cara mengirimkan SMS ke nomor 4444 berisikan NIK dan nomor KK. Format penulisannya pun tergantung pada operator kartu masing – masing.

Kegunaan dari Registrasi dengan NIK

Dengan registrasi menggunakan NIK dan nomor KK, pemerintah berharap agar tidak ada lagi pemalsuan data untuk megatasi kasus penipuan yang sering terjadi. Dan jika melakukan registrasi dengan benar, maka data pengguna akan lebih mudah terlacak oleh pemerintah guna mengantisipasi tindak kejahatan lainnya.

Meskipun sudah diberlakukannya registrasi menggunakan NIK dan nomor KK masing – masing, kita tetap harus waspada dengan kemungkinan buruk jika NIK dan nomor KK kita telah disalahgunakan untuk registrasi kartu pada ponsel yang tidak kita kehendaki, terlebih jika yang menggunakan NIK kita adalah orang yang tidak bertanggungjawab dan memiliki kemungkinan melakukan tindak kejahatan yang akan merugikan diri kita.

Cara Mengecek No HP yang Menggunakan NIK Kita

Perlu kamu ketahui untuk mengantisipiasi agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Kamu bisa coba menggunakan beberapa cara untuk melakukan cek pada no HP yang mungkin telah melakukan registrasi menggunakan NIK dan nomor KK kamu. Misalnya saja dengan aplikasi dari operator kartu yang kamu gunakan, mengirim SMS, menggunakan link website, atau dengan kode USSD.

Apabila kamu ingin cara yang lebih mudah, kamu bisa coba menggunakan kode USSD. Dengan panduan cara berikut:

  • Ketikkan kode Dial *444# pada ponsel kamu.
  • Pilih “Cek Status Registrasi”.
  • Masukkan NIK kamu dan kirimkan.
  • Selesai, tunggu pesan masuk yang berisikan status nomor HP yang menggunakan NIK dan KK kamu.

Itulah cara mudah yang bisa kamu gunakan untuk cek no HP yang menggunakan NIK kamu. Dengan demikian kamu bisa mengetahui atau mengantisipasi penyalahgunaan kartu dengan mengatasnamakan diri kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

You May Also Like