Rahasia Sukses Meraih Beasiswa S1 Luar Negeri

aplikasi beasiswa

Setiap pelajar yang memiliki keinginan untuk maju tentu sangat mendambakan beasiswa S1 luar negeri. Selain pengalaman yang tidak bisa didapat di dalam negeri, program beasiswa luar negeri menawarkan keuntungan berbeda, termasuk fasilitas dan akomodasi. Dengan demikian melanjutkan kuliah S1 di luar negeri merupakan kesempatan yang harus dikejar.

beasiswa
ilustrasi beasiswa

Secara umum, ada beberapa pertimbangan mahasiswa Indonesia mengejar beasiswa S1 luar negeri. Selain memperdalam kemampuan berbahasa asing, kuliah di luar negeri membuat kita tidak manja karena kita bisa survive disana. Disamping itu kita juga berkesempatan mempelajari budaya negara lain, terlebih kita akan dibimbing oleh dosen terbaik di bidangnya. Kuliah di luar negeri membuka peluang bagi kita untuk menjalin pertemanan dengan mahasiswa dari negara lain sehingga kita memiliki banyak koneksi.

aplikasi beasiswa
ilustrasi aplikasi beasiswa

Nah, untuk mendapatkan beasiswa S1 luar negeri ada beberapa tips yang wajib diperhatikan, sekaligus memperbesar peluang lolos seleksi.

Meningkatkan Kemampuan Akademik dan Prestasi

Salah satu syarat mutlak untuk mendapatkan beasiswa luar negeri adalah kemampuan akademik. Artinya nilai dan transkip menjadi hal paling dipertimbangkan oleh pihak penyeleksi. Nah, untuk mendapatkan nilai yang baik, kita tidak perlu ragu untuk mengikuti berbagai program pemgembangan akademik. Meski angka di atas kertas bukan satu-satunya jaminan, namun pencapaian akademis yang baik menunjukkan komitmen kita terhadap penyelenggara.
Hampir semua institusi mahasiswa, contohnya Beasiswa Pemerintah Singapura, mensyaratkan pencapaian akademis yang baik bagi semua pelamar. Dari pengalaman sejumlah penerima beasiswa, mereka yang pernah menang dalam olimpiade sains lebih diprioritaskan untuk mendapatkan beasiswa.

Perlu Aktif di Organisasi

Kemampuan akademik saja sepertinya tidak cukup untuk meraih beasiswa S1 luar negeri. Kita juga perlu aktif di organisasi. Artinya kita butuh nilai tambah diluar nilai akademis dengan bergabung dengan beberapa organisasi.
Selain nilai, bergabung dengan organisasi akan memberi kita banyak pengalaman baru. Misalnya, kita bisa ikut Unit Kegiatan Mahasiswa. Pada prinsipnya, mahasiswa yang aktif berorganisasi umumnya lebih banyak dipertimbangkan oleh penyelenggara beasiswa karena dianggap mampu memanfaatkan ilmunya untuk kepentingan orang lain.

Ikut Kegiatan Volunteer

Selain aktif berorganisasi, kegiatan sosial atau kegiatan volunteer juga merupakan nilai tambah untuk mendapatkan beasiswa S1 luar negeri. Penyelenggara beasiswa dari Amerika dan Eropa biasanya cenderung lebih memprioritaskan mahasiswa yang berpengalaman dalam kegiatan volunteer. Ini karena kultur volunteer di kedua benua tersebut sangat kuat. Beasiswa Fullbright dari Amerika dan Erasmus Mundus dari Eropa adalah dua contoh beasiswa yang mempriroritaskan nilai kegiatan volunteer.

Mengasah Kemampuan Bahasa Asing

Mendapatkan beasiswa luar negeri berarti kita harus membuktikan mampu bertahan di negara lain. Untuk itu adalah hal yang mutlak untuk menguasai bahasa di negara tersebut. Minimal terlebih dulu kita harus menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Satu dari beberapa persyaratan beasiswa luar negeri memang kemampuan bahasa asing di level tertentu.
Setiap beasiswa biasanya punya persyaratan tes bahasa berbeda. Namun yang paling banyak digunakan yaitu TOEFL dan IELTS. Supaya lebih mudah lolos seleksi kita butuh skor TOEFL minimal 550 dan nilai IELTS minimal 6,5. Jepang dan Jerman adalah dua negara yang mensyaratkan penguasaan bahasa mereka diluar bahasa Inggris.

Rekomendasi Bagus dari Orang Lain

Saat mendaftar beasiswa S1 luar negeri, rekomendasi dari pihak lain biasanya menjadi salah satu syarat yang diminta oleh penyelenggara. Surat rekomendasi dari orang lain biasanya dibutuhkan oleh pemberi beasiswa untuk mengetahui performa dan track record di dunia nyata. Umumnya surat rekomendasi diterbitkan oleh staf pengajar dimana kita menempuh pendidikan ataupun dari supervisor di tempat kita bekerja.

Beasiswa S1 luar negeri tidak bisa diperoleh secara untung-untungan, tapi wajib diupayakan dengan berbagai cara, termasuk hal-hal positif diatas. Semoga Bermanfaat.

You May Also Like