Aplikasi dalam dunia pendidikan

EdConnect

Teknologi aplikasi kini mulai merambah dunia Pendidikan, sebut saja aplikasi EdConnect. Aplikasi EdConnect merupakan sebuah startup, yang dilahirkan pada tahun 2015 oleh perusahaan PT Edconnect Solusi Integrasi. Peluncuran ini bertujuan untuk mempermudah jalannya penyampaian materi serta tugas sekolah. Inovasi EdConnect adalah solusi cerdas bagi pengguna ponsel pintar.

aplikasi pendidikan
           aplikasi pendidikan

Semua pelaku pendidikan, seperti guru, murid, dan wali kelas dapat menjadi pengguna aplikasi EdConnect. Penggunaannya pun sangat mudah karena cukup menggunakan gadget atau ponsel pintar. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memberikan kontribusi positif untuk kemajuan dunia pendidikan Indonesia. Dalam hal ini, mereka yang tidak siap, mau tidak mau “dipaksa” untuk dapat menerima kemajuan.

Pengguna EdConnect masih terbatas pada beberapa daerah, seperti di Jabodetabek dan Bandung. Hal ini bukan dikarenakan kemampuan cakupan yang tidak memadai, namun pengaksesnya sendirilah yang belum berminat untuk memanfaatkan aplikasi canggih ini. Aplikasi EdConnect dinilai memiliki banyak manfaat, baik itu untuk guru, murid, dan orang tua.

Manfaat EdConnect untuk Pendidikan

EdConnect
EdConnect

Tidak dapat dipungkiri, segala hal yang baru akan menemui tantangan dalam pengenalannya. Begitu juga dengan EdConnect, meskipun dapat membantu pengembangan dunia pendidikan, aplikasi ini dinilai masih kurang populer di kalangan beberapa pelaku pendidikan. Seturut kata pepatah, tak kenal maka tak sayang, berikut penjelasan tentang manfaat aplikasi EdConnect.

Manfaat EdConnect untuk Guru

EdConnect dapat memberikan dukungan kepada guru dalam menyampaikan materi melalui e-learning. Pembelajaran, pemberian tugas, dan penilaian dapat dilakukan melalui aplikasi ini.

Saat seorang guru berhalangan hadir di kelas, yang bersangkutan dapat memberikan bimbingan belajar kepada siswanya melalui EdConnect. Setelah guru memberikan tugas kepada siswa, mereka dapat memanfaatkan aplikasi penilaian yang ada di dalam EdConnect. Jadi, guru tidak perlu merasa lelah untuk mengoreksi pekerjaan siswa satu per satu.

Penggunaan aplikasi EdConnect ini juga mendukung gerakan stop global warming. Mengapa? Dengan mengakses EdConnect, guru dapat menghemat penggunaan kertas dan tinta di sekolah. Hal ini jelas sangat menguntungkan bagi lingkungan hidup. Di sisi lain, sekolah juga dapat menghemat pengeluaran untuk proses belajar mengajar.

Manfaat EdConnect untuk Siswa

Selain guru, siswa juga dapat merasakan keunggulan sistem EdConnect. Mereka dapat mengakses aplikasi ini hanya dari ponsel mereka. Mengerjakan tugas tidak lagi dengan kertas dan pena, namun cukup dengan mengetikkan jawaban yang benar di layar gadget. Siswa juga dapat mengakses aplikasi ini dimanapun mereka mau, selama ada pulsa dan sinyal internet.

Manfaat EdConnect untuk Orang Tua atau Wali Murid

Tidak hanya guru dan siswa saja yang dapat merasakan manfaat dari EdConnect, namun juga orang tua atau wali murid siswa. Mereka dapat dengan mudah memantau perkembangan nilai anak dari aplikasi tersebut. Saat guru sudah meng-upload data siswa, orang tua dapat dengan mudah untuk melihatnya, tanpa harus menunggu rapor anak keluar.

Orang tua juga dapat berkomunikasi langsung dengan guru melalui aplikasi chatting yang ada. Jadi, guru dapat meminta tolong kepada orang tua untuk mengingatkan anaknya agar semakin giat belajar. Guru juga dapat mengomunikasikan tugas yang diberikan kepada siswa dengan orang tuanya. Dengan harapan, orang tua mampu mengawal kemajuan anak mereka.

Dunia pendidikan akan semakin maju saat pelaku pendidikan mulai dapat membuka diri terhadap hal baru. Kemudahan dan kepraktisan penyampaian proses belajar mengajar di sekolah kini ada dalam genggaman. Aplikasi EdConnect merupakan terobosan baru dari dunia teknologi untuk pendidikan di Indonesia.

You May Also Like