Konsumsi Minuman Soda Membuat Anda Lebih Cepat Tua

minuman ringan

Bhataramedia.com – Meminum dua soda berpemanis sehari tidak hanya akan membuat Anda gemuk, selain itu juga akan mempersingkat hidup Anda. Hal ini berdasarkan studi baru yang diterbitkan di American Journal of Public Health. Para peneliti di University di California di San Francisco menemukan bahwa minuman soda berpemanis memperpendek telomer, lapisan pelindung yang mencegah kromosom terurai dan melindungi DNA dari kerusakan.

Telomer memendek seiring dengan usia dan panjangnya sesuai dengan penuaan biologis. Telomer pendek telah dikaitkan dengan banyak penyakit penuaan, termasuk diabetes, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Para peneliti mempelajari DNA pada lebih dari 5.300 peserta usia 20 sampai 65 tahun. Mereka menemukan bahwa meminum 20 ons minuman soda sehari dapat memendekkan telomer setara dengan tambahan 4,6 tahun penuaan, sebanding dengan efek dari merokok.

“Temuan ini merupakan yang pertama kalinya menunjukkan hubungan antara minuman soda dengan pemendekkan telomer,” kata penulis senior studi tersebut, Elissa Epel, Ph.D.

“Konsumsi rutin minuman soda berpemanis dapat mempengaruhi perkembangan penyakit, tidak hanya dengan memaksa kontrol metabolisme tubuh akan gula, tetapi juga melalui percepatan penuaan selular jaringan,” katanya.

“Temuan ini diadakan tanpa memandang usia, ras, pendapatan dan tingkat pendidikan,” lanjutnya. Dia juga menambahkan bahwa telomer mulai memendek lama sebelum timbulnya penyakit.

“Selanjutnya, meskipun kami hanya belajar orang dewasa , ada kemungkinan bahwa konsumsi minuman soda juga dikaitkan dengan pemendekan telomer pada anak-anak,” jelas Epel, seperti dilansir University of California, San Francisco (16/10/2014).

Minuman ringan berpemanis adalah satu-satunya jenis minuman yang memiliki pengaruh pada telomer.

You May Also Like