Kanker Prostat, Operasi Dapat Tingkatkan Kelangsungan Hidup

operasi, prostatektomi radikal, kanker prostat
operasi, prostatektomi radikal, kanker prostat
Naveen Pokala, M.D., asisten profesor di Divisi Urologi, University of Missouri School of Medicine, sedang melakukan bedah robotik. Pokala menemukan bahwa prosedur pembedahan kompleks meningkatkan tingkat kelangsungan hidup untuk pria dengan kanker prostat setelah terapi radiasi telah gagal.(Credit: Justin Kelley/MU Health)

Bhataramedia.com – Menurut National Institutes of Health, sekitar 14 persen pria akan didiagnosis dengan kanker prostat di beberapa titik dalam hidup mereka. Terapi radiasi konvensional telah menjadi pengobatan utama untuk kanker, tetapi seperempat dari pria memiliki kekambuhan kanker prostat pada waktu lima tahun setelah terapi.

Saat ini, peneliti University of Missouri School of Medicine telah menemukan bahwa prosedur yang kompleks untuk menghilangkan prostat, dapat mencapai kelangsungan hidup jangka panjang untuk pria setelah terapi radiasi telah gagal.

“Kanker prostat, sayangnya, adalah kanker yang umum, dan lebih dari 27.000 orang diperkirakan telah meninggal karena penyakit ini pada tahun 2015,” kata Naveen Pokala, M.D., asisten profesor di Divisi Urologi, MU School of Medicine dan pemimpin penulis penelitian.

“Dengan mempelajari database nasional kasus kanker prostat, kami menemukan bahwa prosedur yang dikenal sebagai penyelamatan prostatektomi radikal dapat meningkatkan kesempatan pria untuk bertahan hidup ketika terapi radiasi konvensional telah gagal untuk membasmi kanker,” lanjut Naveen, seperti dilansir University of Missouri-Columbia (10/03/2016).

Menggunakan Surveillance, database program Epidemiology and End Results (SIER), Naveen dan tim risetnya mempelajari 364 pasien yang menjalani operasi penyelamatan prostatektomi radikal setelah pengobatan radiasi gagal. Melihat tingkat kelangsungan hidup, para peneliti menemukan bahwa 88,6 persen pria masih hidup 10 tahun kemudian dan 72,7 persen pria masih hidup 20 tahun kemudian.

Selama prostatektomi radikal, kelenjar prostat dan jaringan sekitarnya diangkat untuk menjaga kanker tidak menyebar. Prosedur ini menantang karena jaringan yang mengelilingi prostat adalah bekas luka selama pengobatan radiasi, sehingga sulit bagi ahli bedah untuk mengidentifikasi dan memotong jaringan yang perlu dihilangkan. Jika kanker terlokalisasi, seorang ahli bedah yang sangat terampil dapat menghilangkan kelenjar dan jaringan sekitarnya menggunakan teknik robotik minimal invasif atau melalui operasi terbuka.

“Karena prostatektomi radikal adalah operasi yang kompleks, dapat ada keengganan untuk menjalani prosedur,” kata Pokala. “Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa itu adalah pilihan pengobatan yang layak. Ini dapat membawa harapan baru dan ketenangan pikiran untuk orang yang hidup dengan kanker prostat.”

Studi ini baru saja diterbitkan di Clinical Genitourinary Cancer, jurnal peer-review pada deteksi, diagnosis, pencegahan dan pengobatan kanker genitourinari.

Referensi Jurnal :

Naveen Pokala, Danny L. Huynh, Alex A. Henderson, Carrie Johans. Survival Outcomes in Men Undergoing Radical Prostatectomy After Primary Radiation Treatment for Adenocarcinoma of the Prostate. Clinical Genitourinary Cancer, 2015; DOI: 10.1016/j.clgc.2015.12.010.

You May Also Like