Bagaimana Serotonin Pengaruhi Fungsi Sirkuit Otak

sel saraf
sel saraf
Ilustrasi, sel saraf.

Bhataramedia.com – Para peneliti di Case Western Reserve University School of Medicine telah menciptakan model lengkap pertama untuk menggambarkan peran serotonin terhaap perkembangan dan struktur otak. Serotonin, juga disebut 5-hydroxytryptamine [5-HT], merupakan neuromodulator penting dari perkembangan otak, serta struktur dan fungsi sirkuit saraf (sel saraf) sirkuit. Hasil penelitian ini dipublikasikan ecara online di edisi terbaru Journal of Neurophysiology.

“Tujuan kami pada proyek ini adalah untuk menutup kesenjangan dalam pengetahuan yang ada pada peran serotonin di korteks otak, terutama yang menyangkut sirkuit, aktivitas elektrik dan fungsi otak,” kata Roberto Fernandez Galan, Ph.D., asisten profesor di Departemen ilmu saraf di Case Western Reserve University School of Medicine.

“Untuk pertama kalinya, kami dapat memberikan gambaran model hewan lengkap dari gen hingga perilaku, termasuk pada tingkat aktivitas jaringan saraf, yang telah diabaikan oleh kebanyakan studi sampai saat ini,” ungkap Roberto.

Dr. Galan dan timnya menggunakan “high-density multi-electrode arrays” pada model tikus yang kekurangan serotonin untuk merekam dan menganalisa aktivitas neuron. Studi ini mendukung pentingnya serotonin yang ditentukan dan dikelola oleh gen khusus, Pet-1 gen, untuk fungsi normal dari neuron, sinapsis dan jaringan di korteks, serta pengembangan yang tepat dari sirkuit otak.

Kelainan serotonin telah dikaitkan dengan autisme dan epilepsi, depresi dan kecemasan. Dengan lebih memahami secara lengkap peran serotonin di otak, penelitian ini dapat berkontribusi untuk pemahaman yang lebih baik dari pengembangan atau perawatan kondisi-kondisi terebut.

“Dengan melihat tingkat sirkuit otak, kita sekarang memiliki wawasan baru bagaimana otak menjadi terkait dan sensitif terhadap perubahan kadar serotonin,” tambah Dr. Galan, seperti dilansir Case Western Reserve University (23/12/2015).

Referensi Jurnal :

Pavel Anatolyevich Puzerey, Nathan Xing Kodama, Roberto Fernandez Galan. Abnormal cell-intrinsic and network excitability in the neocortex of serotonin-deficient Pet-1 knock-out mice. Journal of Neurophysiology, 2015; jn.00996.2014 DOI: 10.1152/jn.00996.2014.

You May Also Like