Ilmuwan Ciptakan Jantung Busa Buatan

jantung, buatan
jantung, buatan
Ini adalah jantung busa buatan yang dibuat oleh Rob Shepherd dan timnya di Cornell University.(Credit: Cornell University)

Bhataramedia.com – Peneliti Cornell University telah mengembangkan bahan baru yang ringan dan dapat merenggang dengan konsistensi busa memori yang memiliki potensi untuk digunakan dalam bagian tubuh prostetik, organ buatan dan robotika. Busa ini unik karena dapat dibentuk dan memiliki pori-pori terhubung yang memungkinkan cairan untuk dipompa melaluinya.

Busa polimer tersebut awalnya berbentuk cairan yang dapat dituangkan ke dalam cetakan untuk membuat bentuk. Saat udara atau cairan dipompa melaluinya, material tersebut bergerak dan dapat berubah panjangnya menjadi 300 persen.

Sementara aplikasi untuk digunakan di dalam tubuh memerlukan persetujuan federal dan pengujian, peneliti Cornell telah dekat dengan membuat bagian tubuh palsu dengan apa yang disebut “busa elastomer.”

“Saat ini kami masih cukup jauh untuk membuat tangan palsu dengan cara ini,” kata Rob Shepherd, asisten profesor teknik mesin dan kedirgantaraan, dan penulis senior. Benjamin Mac Murray, seorang mahasiswa pascasarjana di laboratorium Shepherd, adalah penulis pertama penelitian.

Penelitian ini diterbitkan di edisi mendatang jurnal Advanced Material

Pada penelitian ini, para peneliti menunjukkan pompa yang mereka buat menjadi jantung, meniru baik bentuk dan fungsinya.

Para peneliti menggunakan serat karbon dan silikon di bagian luar untuk membuat struktur yang mengembang pada tingkat yang berbeda di permukaan.

“Penelitian ini adalah tentang menjelajahi pengaruh porositas pada aktuator, tetapi sekarang kami ingin membuat aktuator busa lebih cepat dan dengan kekuatan yang lebih tinggi, sehingga kita dapat menerapkan kekuatan yang lebih. Kami juga berfokus pada biokompatibilitas,” kata Shepherd, seperti dilansir Cornell University (14/10/2015).

Referensi Jurnal :

Benjamin C. Mac Murray, Xintong An, Sanlin S. Robinson, Ilse M. van Meerbeek, Kevin W. O’Brien, Huichan Zhao, Robert F. Shepherd. Poroelastic Foams for Simple Fabrication of Complex Soft Robots. Advanced Materials, 2015; DOI: 10.1002/adma.201503464.

You May Also Like