Pembelian Materi dapat Memberikan Kebahagiaan ?

belanja
belanja
Pembelian materi dan pengalamanmemberikan kebahagiaan dalam dua rasa yang berbeda.

Bhataramedia.com – Mendekati musim belanja dan liburan, semua orang sedang mencari baeang kebutuhannya. Bagi mereka yang suka berbelanja, ada kabar baik. Barang-barang materi dapat membawa kebahagiaan. Pada penelitian terbaru dari jurnal Social Psychological and Personality Science, peneliti telah menunjukkan bahwa pembelian barang-barang, dari sweater hingga skateboard, memberikan kebahagiaan lebih sering dari waktu ke waktu, sedangkan pembelian pengalaman, seperti perjalanan ke kebun binatang, memberikan kebahagiaan lebih intens pada kesempatan tertentu bagi individu .

Mayoritas penelitian sebelumnya meneliti pembelian materi dan pengalaman, serta kebahagiaan yang difokuskan mengenai belanja atau mengingat tentang item dan pengalaman. University of British Columbia, Aaron Weidman dan Elizabeth Dunn, ingin mengetahui bagaimana orang-orang merasa pada saat itu, misalnya, minggu pertama dengan sweater atau komputer tablet baru. Untuk menjawab pertanyaan ini, mereka menilai kebahagiaan individu sesaat setelah melakukan pembelian material dan pengalaman secara real-time, sampai lima kali per hari selama dua minggu. Pembelian materi terdiri dari barang-barang seperti speaker portable, atau pembuat kopi, dan contoh pembelian pengalaman seperti perjalanan ski akhir pekan, tiket ke permainan hoki, atau kartu hadiah spa.

Dengan merekam pengalaman mereka dalam minggu-minggu berikutnya, serta satu bulan setelah pembelian, para peneliti menunjukkan bahwa pembelian materi dan pengalaman membawa kebahagiaan dalam “dua rasa“ yang berbeda. Pembelian materi memberikan dosis kebahagiaan berulang dari waktu ke waktu di minggu setelah mereka membeli, sedangkan pembelian pengalaman menawarkan dosis kebahagiaan lebih intens namun sesaat. Selain itu, ketika orang-orang melihat kembali pada pembelian mereka 6 minggu setelah Natal, mereka merasa lebih puas tentang pembelian pengalaman.

“Keputusan untuk membeli materi atau pengalaman hidup kemungkinan mengacu pada jenis kebahagiaan yang diinginkan seseorang,” kata Mr. Weidman, Society for Personality and Social Psychology (21/12/2015).

“Pertimbangkan ketika seorang  memutuskan antara tiket untuk konser atau sofa baru. Konser akan memberikan sensasi yang intens untuk satu malam yang spektakuler, tetapi kemudian itu akan berakhir, dan tidak akan lagi memberikan kebahagiaan yang bertahan lama, selain menjadi memori bahagia. Sebaliknya, sofa baru tidak akan memberikan saat mendebarkan seperti konser, tapi akan menjaga pemilik tetap nyaman setiap hari sepanjang musim dingin,” lanjut Weidman.

Ketika Anda pergi liburan atau berbelanja musim ini, baik untuk diri sendiri atau orang lain, berpikirlah tentang bentuk kebahagiaan yang Anda inginkan, sebelum melakukan pembelian.

Referensi Jurnal :

A. C. Weidman, E. W. Dunn. The Unsung Benefits of Material Things: Material Purchases Provide More Frequent Momentary Happiness Than Experiential Purchases. Social Psychological and Personality Science, 2015; DOI: 10.1177/1948550615619761.

You May Also Like