Putnisit, Mineral Baru yang Ditemukan Di Australia

Putnisit. (Credit: Dakota Matrix)

Bhataramedia.com – Sebuah mineral baru telah ditemukan di Australia barat. Mineral yang dinamakan “putnisit” ini mempunyai struktur dan komposisi yang unik diantara 4000 jenis mineral yang ditemukan di dunia. Seperti yang dijelaskan dalam Mineralogical Magazine oleh seorang peneliti dari University of Adelaide, mineral itu ditemukan di permukaan Danau Cowan, di pusat kota Australia Barat. Hasil pengamatan menggunakan sinar X oleh Dr. Peter Elliot menyimpulkan bahwa mineral ini tidak seperti mineral lainnya. Umumnya mineral dapat digolongkan menurut famili atau mirip/terkait dengan jenis mineral lainnya, jika tidak terkait dengan mineral lainnya, mineral tersebut merupakan senyawa sintetis. Akan tetapi putnisite benar-benar unik dan tidak terkait dengan mineral lainnya.

“Alam tampaknya jauh lebih pintar “memimpikan” senyawa kimia baru daripada peneliti di laboratorium” katanya Elliot, seperti dilansir laman The University of Adelaide (22/4/2014).

Nama putnisit diberikan oleh ahli mineralogi Australia, Andrew dan Christine putnis.

Putnisit terbentuk sebagai kristal kecil yang berdiameter tidak lebih dari sekitar 0,5 mm dan ditemukan dalam batuan vulkanik. Putnisit tampak berwarna bintik merah muda gelap pada batu hijau gelap dan putih, di bawah mikroskop mineral ini tampak berbentuk kubus. Putnisit terdiri dari kombinasi yang unik dari senyawa strontium, kalsium, kromium, sulfur, karbon, oksigen dan hidrogen.

Sampai saat ini peneliti belum mengetahui apakah ada manfaat khusus mineral ini, penemuan ini setidaknya memberikan gambaran bahwa masih ada banyak hal yang dapat ditemukan di dunia ini.

You May Also Like